7 Jenis Sosis Terenak di Dunia

Sweet Couple penggemar sosis bakar atau sosis goreng? Anda pasti sangat tertarik untuk mengeksplorasi kelezatan aneka jenis sosis dari berbagai belahan dunia.

Olahan sosis di Indonesia pada umumnya menggunakan daging sapi. Namun, jenis sosis di beberapa negara menggunakan daging domba. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Sosis Bockwurst Jerman

Jenis sosis yang paling terkenal di Jerman adalah sosis bockwurst. Sosis ini juga banyak diekspor ke negara lain, termasuk Indonesia. Kalau mau mencoba sosis bockwurst, Sweet Couple dapat mencarinya di supermarket.

Sosis bockwurst terbuat dari daging sapi, domba, atau kalkun yang dibumbui dengan lada putih, garam, paprika, bawang, dan peterseli. Jenis sosis ini dapat dibuat menjadi sosis bakar dan sosis goreng.

2. Sosis Andouille Khas Prancis

Kalau di Jerman terdapat sosis bockwurst yang sangat terkenal, Prancis memiliki sosis yang tak kalah populernya. Sosis khas Prancis disebut sosis andouille. Sosis andouille biasanya terbuat dari daging babi yang dicampur dengan jerohan, bawang putih cincang, paprika, dan lada hitam.

Baca Juga :  Resep Sosis Bakar ala Barbeque

Jerohan untuk sosis diolah dengan cara dihalukan atau dicincang. Kemudian dijadikan campuran pada sosis. Oleh karena itu, sosis andouille memiliki tekstur yang kenyal.

3. Sosis Cotechino Khas Italia

Kuliner Italia memang banyak yang menggunakan bahan berupa sosis, khususnya pizza. Sosis khas Italia adalah sosis cotechino yang terbuat dari campuran daging dan kulit babi. Jenis sosis ini lebih besar dibandingkan sosis lainnya dan teksturnya tidak terlalu padat.

4. Sosis Cervelat dari Swiss

Jenis sosis yang berikutnya adalah sosis cervelat dari Swiss. Sosis cervelat terbuat dari campuran daging sapi, daging babi asap, dan kulit babi sehingga teksturnya agak kasar. Tidak lupa juga dengan campuran bumbu lada putih dan ketumbar. Proses mengolah sosis ini cukup unik, yakni diasapi terlebih dahulu, lalu direbus.

5. Sosis Chorizo Meksiko

Jenis sosis yang tak kalah lezatnya adalah sosis chorizo. Penduduk Amerika Latin tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosis khas Meksiko ini.

Sosis chorizo terbuat dari kelenjar daging sapi yang masih segar lalu dibumbui dengan paprika, cabai, dan cuka sehingga warnanya lebih kemerahan dibanding sosis lainnya. Chorizo biasanya difermentasikan dengan cara dijemur atau diasapi sehingga teksturnya lebih padat.

Baca Juga :  5 Olahan Barbeque ala Rumahan yang Paling Enak

6. Sosis Loukaniko Yunani

Sudah pernah mencoba sosis dari Yunani? Jenis sosis khas Yunani yang paling terkenal adalah sosis loukaniko. Sosis ini merupakan olahan daging babi atau domba cincang yang campur dengan daun jeruk, bawang putih, daun ketumbar, oregano, thyme.

7. Sosis Khas Afrika

Setelah banyak membahas jenis sosis khas Eropa, kini kita beralih ke sosis khas Afrika. Sosis dari Afrika yang disebut merguez biasanya menggunakan bahan utama berupa daging domba segar.

Sosis merguez dari Afrika Utara menggunakan berbagai bumbu rempah, seperti jinten, cabai rawit, harissa, bawang putih, adas, dan lain sebagainya. Sedangkan boerewors yang berasal dari Afrika Selatan ini menggunakan lebih banyak lemak dengan bumbu ketumbar, lada hitam, pala, cengkeh, dan cuka.

Itulah 7 jenis sosis terlezat dan populer di dunia. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari pergikuliner.com