Bahan Herbal yang Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Corona

Pandemi Corona masih berlangsung dan tentunya kita semua wajib menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi bahan-bahan herbal. Seperti yang kita ketahui, Indonesia dikarunai berbagai bahan dan tanaman herbal alami yang bermanfaat untuk kesehatan. Rasanya sulit untuk menyebutkan satu per satu karena ada banyak sekali.

Walau banyak, tetapi ada sejumlah bahan herbal yang popularitasnya begitu terkenal di Indonesia. Soal khasiatnya, sudah tak diragukan lagi. Terutama saat pandemi Corona seperti sekarang ini. Kita butuh bahan herbal yang berkhasiat menjaga daya tahan tubuh.

Ada apa saja ya bahan herbal yang cocok dikonsumsi saat pandemi Corona ini? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Kunyit Asam

Bahan Herbal yang Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Corona
Gambar diambil dari instagram.com/dapoersikoko

Bahan herbal yang cocok dikonsumsi saat pandemi Corona yang pertama adalah Kunyit asam. Sweet Couple pasti sudah akrab dengan bahan yang satu ini. Biasanya, bahan ini sering dijadikan minuman tradisional khususnya jamu kunyit asam.

Apa sih khasiat dari kunyit asam sampai direkomendasikan sebagai bahan herbal yang layak dikonsumsi saat pandemi? Kunyit ternyata berkhasiat sebagai analgesik (pereda nyeri), antipiretik (penurun suhu tubuh/panas saat demam), dan antiradang. Cocok banget buat yang mengalami demam atau radang saat musim pandemi Corona ini.

Bagi Sweet Couple yang sedang diet, kunyit asam ini juga cocok dikonsumsi loh. Kunyit asam mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menjaga kadar gula darah serta kolesterol dalam tubuh. Alhasil berat badan Anda akan jauh lebih stabil. Menarik kan?

Bagi Anda yang sedang haid, jangan lupa juga konsumsi bahan herbal kunyit asam karena bisa mengurangi nyeri di rahim saat tamu bulanan datang. Wah, jadi semakin semangat untuk mengonsumsi bahan herbal ini ya.

Empon-empon

Bahan Herbal yang Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Corona
Gambar diambil dari instagram.com/imanrasidi

Bahan herbal yang cocok dikonsumsi saat pandemi Corona berikutnya adalah empon-empon. Bahan ini terdiri dari tanaman rimpang dan sudah lama dikenal sebagai ramuan tradisional di Nusantara.

Baca Juga :  5 Manfaat Udang Jerbung untuk Kesehatan

Empon-empon ini sempat naik daun dan populer saat awal-awal pandemi Corona di Indonesia karena dipromosikan oleh Presiden Jokowi dan mantan Menteri Kesehatan RI, dr.Terawan saat itu. Minuman ini diklaim mampu menjaga daya tahan tubuh khususnya di masa pandemi Corona ini.

Apa saja sih isi dari empon-empon ini? Empon-empon terdiri dari beragam tanaman rimpang seperti jahe, temulawak, dan serai. Terkadang, ditambahkan pula kayu manis dan gula merah untuk menambah citarasa.

Ternyata bahan-bahan herbal empon-empon itu mudah ditemui dan murah meriah ya. Kalau seperti ini sih, kita akan lebih semangat membuatnya demi daya tahan tubuh lebih terjaga di masa pandemi Corona ini.

Jahe

Bahan Herbal yang Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Corona
Gambar diambil dari instagram.com/aguscwid

Siapa sih yang tidak tahu Jahe? Bahan herbal yang satu ini sudah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari khazanah kuliner dan obat tradisional tanah air. Keberadaannya mudah ditemui dan sudah lama dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Mengapa sih Jahe menjadi salah satu bahan herbal yang cocok dikonsumsi saat Pandemi Corona? Jahe memiliki senyawa aktif gingerol yang mampu mencegah infeksi, pertumbuhan bakteri, dan mencegah infeksi virus RSV pada pernafasan. Selain itu, jahe kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Wah ternyata memang benar-benar bahan herbal yang berkhasiat dan pas banget dikonsumsi saat pandemi ini ya.

Lengkuas

Bahan Herbal yang Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Corona
Gambar diambil dari instagram.com/ahmadsupranoto

Di masa pandemi Corona ini, orang-orang yang mengalami sakit batuk atau demam kadang menjadi parno. Mereka takut mengidap corona, padahal bisa jadi penyakit lain. Tak jarang mereka mengonsumsi obat kimia yang tidak seharusnya sehingga berakibat fatal.

Oleh karena itu, cobalah konsumsi bahan herbal yang satu ini yakni lengkuas. Mungkin Sweet Couple akan mengernyitkan dahi. Biasanya lengkuas kan digunakan untuk memasak. Bagaimana mungkin bahan herbal ini cocok dikonsumsi saat pandemi Corona?

Baca Juga :  Negara di Dunia yang Menerapkan Lockdown karena Virus Corona

Lengkuas memiliki manfaat untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dan suara serak. Hal ini karena lengkuas sebagai tanaman rimpang memiliki sifat sebagai ekspektoran atau pengencer dahak. Ia juga berfungsi sebagai antiradang sehingga cocok dikonsumsi bila sedang batuk dan tenggorokan gatal.

Cara mengonsumsinya pun mudah. Cukup campurkan beberapa sendok kecil lengkuas bubuk/lengkuas yang sudah dihaluskan dengan air panas. Konsumsi secara rutin, niscaya batuk Anda akan mereda.

Jadi, tak usah panik apalagi sampai berbondong-bondong memborong obat kimia yang mahal. Anda bisa menggunakan bahan herbal yang murah meriah ini agar daya tahan tubuh lebih kuat.

Sereh

Bahan Herbal yang Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Corona
Gambar diambil dari instagram.com/zaidulakbar

Bahan herbal yang satu ini pasti sangat dikenal oleh Sweet Couple yang hobi memasak. Bagaimana tidak? Serai alias sereh ini sering digunakan sebagai salah satu bumbu dapur saat memasak. Kehadirannya mampu membuat masakan beraroma harum sekaligus memperkuat citarasa.

Namun, tahukah Anda jika sereh punya banyak khasiat untuk kesehatan khususnya saat pandemi corona ini? Sereh mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, zat besi, dan kalsium. Tak hanya itu, sereh juga mengandung antidepresan, analgesik, antiseptik, dan antibakteri. Kaya sekali ya kandungan baiknya yang ada dalam sereh.

Sereh menjadi salah satu bahan herbal yang cocok dikonsumsi saat pandemi Corona karena mampu menangkal penyakit dengan antioksidannya. Tak hanya itu, sereh juga mampu memberikan efek menenangkan dan rileks. Paling pas jika dibuat menjadi Lemongrass Tea.

Minuman ini cocok banget dikonsumsi agar kita tidak pusing dan stress karena terlalu banyak terpapar informasi di media tentang corona terutama yang negatif.

Madu

Bahan Herbal yang Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Corona
Gambar diambil dari instagram.com/przystanek.pasieka

Bahan herbal yang satu ini sudah lama sekali dikenal dalam dunia pengobatan tradisional. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Apakah itu? Tak lain dan tak bukan adalah madu.

Ya, madu banyak dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari protein, karbohidrat, serat, kalsium, dan vitamin C, semua ada dalam madu. Tak hanya itu, citarasanya yang manis membuatnya populer sebagai pengganti gula pasir.

Baca Juga :  Tips Naik Kendaraan Umum Saat Pandemi Corona

Di masa pandemi Corona ini, madu menjadi salah satu bahan herbal yang cocok dikonsumsi. Madu bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, madu juga cocok untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap awet muda.

Ingin daya tahan tubuh lebih kuat? Anda bisa rutin mengonsumsi madu tiap hari. Tubuh akan lebih bugar dan sehat dalam menghadapi pandemi Corona ini.

Itulah sejumlah bahan herbal yang cocok dikonsumsi saat Pandemi Corona. Bahan-bahannya murah meriah dan mudah sekali ditemukan di mana-mana. Tak bisa membelinya di pasar? Anda bisa memesannya secara online. Sungguh praktis.

Memang benar, bahan-bahan herbal tersebut bukanlah obat untuk virus Corona. Namun, tak ada salahnya Sweet Couple memperkuat daya tahan tubuh kita dari berbagai bakteri, kuman, virus, dan penyakit. Salah satu caranya dengan mengonsumsi bahan-bahan herbal tersebut. Ingat, virus dan penyakit tidak hanya Corona loh. Banyak yang jauh lebih berbahaya daripada Corona.

Yang terpenting lagi adalah Anda juga harus menjaga pikiran dan sikap agar tetap tenang serta waras di masa pandemi Corona ini. Penuhi diri Anda dengan optimisme dan harapan bahwa pandemi ini bisa berakhir. Tak hanya itu, dengan bekal ilmu yang tepat maka Anda dapat menangani setiap gejala penyakit yang mungkin saja terjadi ke depannya.

Jaga hati, jaga pikiran, dan tetap tenang ya. Semoga kita semua selalu sehat.

Yuk konsumsi bahan herbal ini selama pandemi Corona!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari hellosehat.com