Inilah 6 Ikan Laut yang Bergizi dan Sehat

Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia sehingga menghasilkan banyak sumber daya laut, khususnya aneka ikan laut. Sebagian besar hasil perekonomian Indonesia juga berasal dari sumber daya maritim.

Kebanyakan ikan laut memang memiliki cita rasa yang lezat. Tidak heran kalau kuliner Indonesia terkenal dengan aneka olahan ikan, seperti ikan tongkol balado, ikan bandeng bumbu kuning, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa jenis ikan laut yang bergizi atau sehat untuk dikonsumsi. Tidak heran kalau anak-anak sering disarankan untuk mengonsumsi olahan ikan laut sejak dini demi meningkatkan pertumbuhan mereka.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Tak hanya pada anak-anak, orang dewasa juga sering disarankan untuk mengonsumsinya untuk kesehatan. Berikut ini terdapat 6 ikan laut yang bergizi dan sangat recommended untuk dikonsumsi.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk jenis ikan laut yang bergizi karena mengandung asam lemak omega-3, vitamin B, selenium, dan fostor. Berbagai nutrisi yang terkandung pada ikan salmon sangat berguna untuk perkembangan otak.

Pada dasarnya ikan salmon memiliki cita rasa yang lezat. Sekalipun ikan ini hanya digoreng, rasanya tetap enak dan gurih. Oleh karena itu, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon.

Baca Juga :  5 Masakan Bumbu Balado yang Paling Mudah untuk Dibuat

2. Ikan Tongkol

Siapa yang suka makan ikan tongkol bumbu balado? Jenis ikan laut yang satu ini memang sangat terkenal dan digemari oleh kebanyakan orang Indonesia.

Salah satu kandungan nutrisi dari ikan tongkol adalah zat besi. Kandungan zat besi pada ikan tongkol tentunya bermanfaat untuk pembentukan sel-sel darah merah di dalam tubuh.

Ikan tongkol biasanya diolah menjadi beberapa jenis makanan, seperti ikan tongkol balado, ikan tongkol suwir, pindang ikan tongkol, dan lain sebagainya.

Kalau mau mencoba untuk memasak ikan tongkol balado ala rumahan, Sweet Couple dapat membaca artikel mengenai resep ikan tongkol balado dan mengikuti langkah-langkah memasaknya.

3. Ikan Tuna

Meskipun dagingnya tebal, ikan tuna memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah diolah dalam berbagai varian masakan.

Selain diolah sebagai hidangan utama, biasanya ikan tuna dijadikan bahan untuk membuat roti, pizza, salad, dan lain sebagainya. Ikan tuna memang cukup digemari oleh kebanyakan orang.

Ikan tuna memiliki banyak protein sehingga dapat memperkuat jaringan tubuh. Ikan ini termasuk makanan yang rendah lemak sehingga dapat dikonsumsi secara aman. Bahkan, mengonsumsi tuna bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Ikan Cakalang

Ikan cakalang termasuk jenis ikan laut yang mengandung banyak vitamin. Ikan cakalang terdiri dari kandungan vitamin A, C, dan D. Ikan ini tentunya kaya akan protein. Ikan cakalang biasanya diolah menjadi ikan suwir, ikan balado, mie cakalang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Bau Amis

5. Ikan Sarden

Sweet Couple pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan laut yang satu ini. Ikan sarden memang lebih sering kita jumpai dalam bentuk kemasan kaleng dengan harga yang cukup terjangkau.

Ikan sarden biasanya banyak ditemukan di kawasan Mediterania. Oleh karena itu, ikan ini lebih banyak didapatkan dari hasil impor ke Indonesia.

6. Ikan Makarel, Ikan Laut yang Kaya akan Gizi

Sudah pernah mencoba ikan makarel? Menurut Yayasan Jantung di Amerika Serikat, jenis ikan laut yang bergizi ini mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dilansir dari Merdeka.com, ada beberapa jenis ikan makarel yang mengandung kadar merkuri. Salah satunya adalah raja makarel. Jenis ikan tersebut sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, ibu yang sedang menyusui, dan balita.

Itulah 6 jenis ikan yang bergizi dan baik untuk dikonsumsi. Selamat mencobanya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari merdeka.com