7 Jajanan Manis yang Paling Mudah untuk Dibuat Sendiri

Kuliner nusantara tidak hanya populer karena hidangan utamanya. Ada juga banyak camilan atau jajanan lezat yang mudah dijumpai di Indonesia. Mulai dari jajanan manis hingga asin dan pedas, semua variasi bisa Anda temukan di berbagai daerah.

Jajanan manis pada umumnya lebih banyak disukai oleh anak-anak. Namun, tidak sedikit juga orang dewasa yang tetap menyukai kue dan camilan manis lainnya. Siapa bilang jajanan manis mempunyai harga yang lebih mahal daripada jajanan pedas dan asin? Justru saat ini ada banyak kreasi camilan manis yang dijajakan oleh pedagang makanan dengan harga yang murah meriah.

Selain itu, Sweet Couple juga bisa membuat sendiri berbagai jajanan atau makanan manis ala rumahan yang rasanya tidak kalah sedap dengan camilan yang di jual di luar sana. Jajanan atau camilan manis yang dibuat sendiri di rumah juga lebih terjamin sehat dan bersih.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Mau tahu apa saja kreasi jajanan manis yang sangat praktis dan nikmat? Pastinya aneka jajanan ini sangat terkenal dan disukai oleh anak-anak. Berikut ini terdapat beberapa jajanan manis paling hits di Indonesia dan mudah untuk dibuat sendiri.

1. Brownies Panggang

Salah satu jajanan manis yang terkenal di seluruh kalangan masyarakat Indonesia adalah brownies. Siapa sih yang tidak tahu brownies?

Camilan brownies diperkirakan pertama kali muncul pada tahun 1980-an di Amerika Serikat. Ada beragam versi cerita yang menjelaskan asal-usul lahirnya brownies. Seringkali beredar cerita bahwa munculnya brownies berawal dari seorang koki yang lupa memasukkan baking powder ketika sedang membuat kue bolu. Hasilnya, adonan kue tidak mengembang.

Baca Juga :  Resep Es Funtastik, Es Lilin yang Selalu jadi Favorit

Cerita lain menjelaskan bahwa brownies pertama kali diperkenalkan pada pameran Columbian Exposition di Amerika Serikat. Pada waktu itu, koki dari Hotel Palmer House diminta untuk menyajikan kue potongan kecil yang menarik sehingga dibuatlah brownies.

Brownies memang memiliki cita rasa manis serta tekstur yang renyah dan lembut. Terdapat berbagai varian rasa brownies, seperti coklat, keju, pandan, dan lain sebagainya. Selain dikukus, brownies juga dimasak dengan cara dipanggang.

Resep brownies panggang cukup mudah dan bahan-bahannya sederhana, seperti tepung terigu, telur, coklat, mentega, susu, dan lain sebagainya. Tidak heran bila banyak orang yang mencoba untuk membuat sendiri brownies ala rumahan.

Resep brownies panggang hanya memerlukan waktu memasak sekitar 30 menit. Jajanan manis ini memang sangat cocok untuk dijadikan camilan sore atau sarapan bersama keluarga.

2. Pisang Nugget

Saat ini pisang nugget merupakan jajanan hits yang disukai oleh kebanyakan orang. Sweet Couple pasti sudah tahu dengan inovasi camilan yang terbuat dari pisang, tapi hasilnya berbentuk seperti nugget. Oleh karena itu, jajanan manis ini disebut pisang nugget.

Terdapat berbagai toko kue yang menjual dan menyajikan pisang nugget dengan beberapa varian rasa, seperti coklat, keju, stroberi, dan lain-lainnya. Cara membuat pisang nugget cukup mudah. Sweet Couple hanya perlu menghancurkan pisang sampai halus. Kemudian pisang dicampur dengan telur, tepung terigu, keju parut, susu bubuk, garam, dan gula.

Adonan tersebut selanjutnya dikukus sekitar 25 menit dan dipotong-potong berbentuk nugget. Kemudian Sweet Couple harus mencelupkan pisang nugget ke adonan basah (campuran terigu dan air), lalu dibalur pada tepung panir. Tahap terakhir adalah menggoreng pisang nugget sampai matang dan sajikan bersama topping sesuai selera, bisa coklat, keju, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Resep Klepon Ubi Ungu, Jajanan yang Selalu Jadi Favorit

3. Kue Cubit

Sweet Couple pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan manis yang satu ini. Kue cubit sangat mudah dijumpai di berbagai daerah dan sudut jalan. Biasanya kue ini dijajakan oleh pedagang gerobakan.

Beberapa tahun silam sempat viral salah satu variasi kue cubit, yaitu kue cubit green tea setengah matang. Sampai saat ini, kue cubit green tea setengah matang juga masih populer dan sering diburu orang-orang. Campuran utama kue cubit adalah susu dan tepung terigu.

4. Donat

Selain resep brownies panggang, Resep Jajanan manis yang tidak kalah menarik adalah donat. Seringkali orang-orang mengira kalau donat sulit untuk dibuat sendiri. Padahal cara membuat donat cukup sederhana.

Sweet Couple bisa saja menyajikan donat ala rumahan yang rasanya tidak kalah enak dengan donat Jco. Anda hanya perlu mencampurkan tepung terigu, telur, gula pasir, baking powder, ragi instan, ovalet, garam, susu cair, dan mentega ke dalam wadah.

Kemudian adonan harus diuleni sampai kalis. Setelah kalis, tutup adonan dengan plastik dan diamkan sekitar 1 jam sampai mengembang. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan uleni lagi supaya kalis. Cetak adonan dengan alat cetakan donat atau secara manual asalkan rapi. Goreng donat sampai matang berwarna kecoklatan.

5. Pisang Coklat

Kalau pisang nugget saja tahu, maka Sweet Couple pastinya sudah tidak asing lagi denga jajanan manis yang satu ini. Pisang coklat setelah sekian lama sudah menjadi camilan favorit banyak orang di Indonesia.

Baca Juga :  Resep Keripik Pisang Coklat Lumer yang Viral di Media Sosial!

Perpaduan pisang yang diolah dengan coklat ini memang menciptakan rasa yang manis ditambah coklat lumernya yang lezat. Kalau mau menyantap pisang coklat, Sweet Couple tidak harus selalu repot-repot membelinya di luar karena jajanan manis ini sangat mudah untuk dibuat sendiri.

6. Pisang Goreng

Sweet Couple bisa menemukan camilan ini dengan mudahnya di setiap tukang gorengan. Namun, Anda juga bisa membuat sendiri pisang goreng ala rumahan. Selain nikmat, pisang goreng buatan sendiri lebih terjamin sehat dan bersih.

Pisang goreng merupakan salah satu camilan manis yang digemari oleh banyak orang. Sweet Couple hanya perlu memotong pisang dengan ukuran sesuai selera. Kemudian pisang dicelupkan pada campuran adonan tepung, gula, garam, dan telur. Selanjutnya pisang digoreng sampai matang dan berwarna kecoklatan.

7. Jagung Susu Keju

Nah, kalau jajanan manis yang satu ini lebih sering kita jumpai di depan sekolah-sekolah. Camilan yang terdiri dari campuran jagung, susu, keju memang sangat praktis untuk dibuat sendiri.

Selain cara membuatnya yang mudah, bahan-bahannya juga sederhana dan ekonomis. Jadi, untuk apa repot-repot membeli jajanan jagung susu keju (jasuke) di pedagang gerobakan? Lebih baik membuat jasuke sendiri karena lebih terjamin bersih dan sehat.

Jajanan jagung susu keju memang sangat disukai oleh anak-anak. Bahkan, banyak anak yang ketagihan ketika mencicipi camilan manis tersebut.

Itulah 7 jajanan manis yang paling mudah untuk dibuat sendiri. Camilan manis ala rumahan tentunya lebih terjamin bersih dan sehat.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini