Kreasi Dessert Berbahan Dasar Susu

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi utama dan paling penting untuk kesehatan tubuh manusia. Jangan heran kalau balita dan anak-anak selalu diperkenalkan susu untuk menjaga pertumbuhan sejak dini.

Saat meminum segelas susu, Sweet Couple akan menerima kandungan protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, fosfor, kalsium, dan masih banyak kandungan lainnya. Oleh karena itu, mengonsumsi susu sangat dianjurkan bagi setiap orang.

Selain dikonsumsi sebagai minuman sehari-sehari, susu juga dapat diolah menjadi kreasi dessert atau hidangan penutup yang menarik dan lezat. Sweet Couple pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan dessert berupa puding? Ya, puding merupakan salahh satu kreasi dessert berbahan dasar susu. Bahkan, pelengkapnya yang disebut vla puding juga diolah dari susu.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Kreasi dessert dari susu tidak hanya puding saja. Ada berbagai varian olahan atau kreasi dessert berbahan dasar susu yang menarik secara penampilan dan lezat dari cita rasanya.

Cara membuat aneka kreasi dessert berbahan dasar susu juga cukup sederhana. Mari simak informasi selengkapnya mengenai kreasi dessert susu berikut ini.

1. Puding

Gambar diambil dari instagram.com/reseppudingmaniss/

Puding termasuk salah satu hidangan manis yang paling sederhana untuk dibuat. Saat ini berbagai jenis puding instan sudah banyak dijual dan Sweet Couple hanya perlu memasaknya dengan campuran bahan, seperti susu dan gula.

Bahan pelengkap yang tidak boleh terlupakan saat menyajikan puding adalah vla. Sweet Couple tentunya sudah tidak asing lagi dengan vla puding, semacam kuah untuk siraman puding. Vla puding terbuat dari susu cair, gula pasir, kuning telur, tepung maizena, dan vanili bubuk.

Cara membuat vla puding sangat mudah. Sweet Couple hanya perlu mencampur semua bahan dalam satu wadah dan diaduk rata. Kemudian adonan tersebut disaring supaya lebih halus dan lembut. Tahap terakhir, adonan dimasak di panci sampai mengental.

2. Es Krim Susu

Gambar diambil dari unsplash.com/masnato/

Siapa sih yang doyan makan es krim? Sajian beku ini tidak hanya disukai oleh anak-anak, tetapi termasuk camilan favorit orang dewasa. Bahan utama yang membuat cita rasa es krim manis dan lezat adalah susu.

Es krim sangat mudah ditemukan karena banyak dijual oleh pedagang es keliling dan kedai makan terkenal, seperti McD, KFC, dan lain sebagainya.

3. Condensed Milk Custard Cake

Gambar diambil dari instagram.com/deguiam/

Sweet Couple sudah pernah mencoba condensed milk custard cake? Kue manis yang berpenampilan menawan ini terbuat susu. Tidak lupa juga dengan tambahan custard manis di lapisan tengahnya.

Pada umumnya bahan-bahan resep dessert ini memiliki rasa manis. Jadi Sweet Couple perlu mengatur takaran susu kental manis yang digunakan supaya rasa manisnya tidak berlebihan.

Menu kue yang terlihat sangat lezat ini berbahankan kental manis. Tak hanya itu saja, terdapat pula custard manis dan lezat pada lapisan tengahnya. Namun, penggunaan kental manis sebagai bahan menu ini perlu diatur takarannya agar tak terlalu manis.

4. Kreasi Dessert Bola-Bola Susu

Gambar diambil dari instagram.com/tyasprabowo/

Kreasi dessert yang berikutnya disebut bola-bola susu karena bentuknya menyerupai bola kecil atau kelereng. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bola-bola susu cukup praktis. Sweet Couple hanya perlu menyediakan susu kental manis, teping tapioka, gula halus, susu bubuk, dan coklat leleh.

Cara membuat bola-bola susu sangat sederhana. Pertama, sangrai tepung tapioka dan masukkan ke wadah. Kemudian campurkan dan aduk rata air hangat, susu kental manis, dan susu bubuk. Uleni dan bentuk adonan menjadi bola kecil. Selanjutnya, bola-bola susu dicelupkan ke lelehan coklat dan siap untuk disajikan.

5. Cookies Milk

Kreasi dessert yang tidak kalah enak dari hidangan manis lainnya adalah cookies milk. Camilan manis ini merupakan perpaduan antara cokelat dan susu yang dimasak tanpa menggunakan oven. Tidak lupa juga dengan taburan choco chips di atasnya sehingga tampak lebih menggiurkan.

Itulah 5 kreasi dessert susu yang bisa Sweet Couple coba di rumah karena cara membuatnya cukup praktis. Aneka hidangan penutup ini juga sangat cocok disajikan saat acara keluarga, seperti arisan, ulangtahun, dan lain sebagainya.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari idntimes.com