Liburan Keluarga di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Liburan keluarga di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta ini dapat dijadikan sebagai pilihan wisata safari untuk anak-anak hingga dewasa. Kebun binatang adalah salah satu destinasi yang sering kali menjadi pilihan keluarga untuk liburan. Salah satunya adalah kebun binatang yang ada di Jakarta yaitu Ragunan.

Sebelum kita melakukan liburan keluarga, alangkah baiknya Sweet Couple mengenal terlebih dahulu sejarah terciptanya Ragunan ini.

Kebun binatang Ragunan sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Awalnya, kebun binatang ini didirikan pada 19 September 1864 di Batavia dengan nama Planten en Dierentuin. Lokasinya terletak di jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1949 namanya diubah menjadi Kebun Binatang Cikini.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Karena lahan di Cikini terlalu kecil, pemerintah Indonesia pun memindahkan lokasi kebun binatang ini ke Ragunan, Pasar Minggu, di Jakarta Selatan.Pada 22 Juni tahun 1966, Gubernur Jakarta Jenderal Ali Sadikin, meresmikan kebun binatang Ragunan dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.

Taman Margasatwa Ragunan Jakarta adalah sebuah taman seluas 147 hektar dan berpenghuni lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman. Lahannnya tertata dan terbangun serta sebagian lagi masih dikembangkan menuju suatu kebun binatang yang modern sebagai identitas kota Jakarta.

Baca Juga :  Liburan Keluarga di MoJA Museum Jakarta, Ada Skate Rink Lho!

Taman ini menyediakan beberapa aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga, aktivitas tersebut seperti:

Aktivitas di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

1. Belajar Mengenal Satwa

Liburan Keluarga di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta
Gambar diambil dari metro.tempo.co

Pilihan aktivitas di Tempat Wisata yang bisa dilakukan pertama kali yakni belajar mengenal berbagai macam satwa yang dilindungi. Satwa tersebut ada dari jenis mamalia, aves, pisces, hingga reptil. Selain mengenal satwa, para pengunjung dapat merasakan momen memberi makan hewan secara langsung. Biasanya ada di bagian hewan primata. Apabila pengunjung tidak mampu berjalan ke semua satwa, taman ini memiliki tur kereta api yang akan menggelilingi lokasi dengan tarif yang tergolong murah yakni sebesar Rp7.500 saja.

2. Belajar Mengenal Tanaman

Liburan Keluarga di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta
Gambar diambil dari ragunanzoo.jakarta.go.id

Pilihan aktivitas lainnya adalah mengenal tanaman. Jenisnya berkisar antara 20 lebih tanaman yang ada di Ragunan. Hal ini pastinya akan menambah pengalaman si kecil dan wawasan tentang tanaman pun semakin bertambah. Selain itu, keluarga pun ikut senang selama berada di mengikuti wisata ini.

3. Melihat Jenis Atraksi Satwa

Liburan Keluarga di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta
Gambar diambil dari ragunanzoo.jakarta.go.id

Taman ini memiliki beragam atraksi binatang yang seru dan bisa disaksikan. Seperti beruang bersepeda, berang-berang berhitung, burung beo dan lain sebagainya. Selain itu, bagi pengunjung yang memiliki anak kecil, pengunjung bisa menunggang kuda, unta, ataupun gajah. Aktivitas ini dapat membuat liburan semakin menyenangkan.

Baca Juga :  Rekomendasi Wisata Liburan di Ancol Jakarta

4. Bermain Perahu Angsa

Liburan Keluarga di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta
Gambar diambil dari ragunanzoo.jakarta.go.id

Taman ini mempunyai permainan naik perahu angsa. Permainan ini bisa mengelilingi kolam besar yang ada lokasi tempat wisata tersebut. Tengah kolam ini tersedia pulau buatan yang dapat memanjakan mata. Selain itu tersedia juga perahu rakit yang akan membuat petualangan di danau semakin seru dan menarik.

Taman ini memiliki harga tiket masuk sebesar Rp.4.000 per orang dewasa dan Rp.3.000 perorang anak-anak. Harga tiket parkir saat berkunjung kesini akan dikenakan biaya Rp.3.000 untuk sepeda motor dan Rp.6.000 untuk mobil. Berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan berarti memasuki sebuah hutan tropis mini, di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati yang memiliki nilai konservasi tinggi dan menyimpan harapan untuk masa depan.

Bagaimana? Sweet Couple berniat liburan keluarga di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta? Yuk kita berlibur sembari belajar mengenal satwa. Selain berlibur, kita juga membantu menaikan tingkat pariwisata lho sweet couple! Tunggu apa lagi, saatnya berlibur ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta!

Selamat liburan keluarga!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari beberapa artikel