Liburan Keluarga di Kebun Raya Bogor

Liburan keluarga di Kebun Raya Bogor ini selalu dijadikan tempat wisata pilihan untuk para warga Bogor dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Kebun Raya Bogor ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Sebelum berjalan-jalan di di tempat ini, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah dari kebun ini.

Kebun Raya Bogor ini pada awal mulanya hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun, pada perkembangannya pendirian tampat ini bisa dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu (1880 – 1905). Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894).

Tempat wisata ini memiliki luas area kurang lebih 87 hektar. Kebun ini memiliki beragam fasilitas dan aktivitas seru yang dapat melengkapi liburan keluarga disini menjadi lebih berkesan. Fasilitas dan aktivitas seru yang tersedia di Kebun Raya Bogor ini ialah:

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Baca Juga :  Lafayette Boutique Hotel, Hotel Klasik di Yogyakarta

1. Museum Zoologi

Liburan Keluarga di Kebun Raya Bogor
Gambar diambil dari kebunraya.id

Museum Zoologi adalah museum yang di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya : burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya, Salah satunya adalah hewan mamalia terbesar di dunia yaitu Paus biru. Museum ini didirikan pada tahun 1894 yang digagasi oleh J. C. Koningsberger yaitu ahli Botani berkebangsaan Jerman yang merupakan salah satu tokoh perintis dan pengembang Kebun Raya Bogor pada masanya. J. C. Koningsberger mengumpulkan beberapa koleksi museum sebagian besar berasal dari negara Indonesia, dan sisanya berasal dari beberapa negara di dunia, salah satunya yaitu jenis kepiting berukuran besar yang berasal dari negara Jepang.

2. Tour de Kebun Raya

Liburan Keluarga di Kebun Raya Bogor
Gambar diambil dari kebunraya.id

Kebun Raya Bogor ini memiliki fasilitas Tour de Kebun Raya. Tour de Kebun Raya adalah para pengunjung akan diajak berkeliling Kebun Raya serta dipandu oleh Tour Guide andalan. Selama mengikuti Tour de Kebun Raya ini, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman menarik serta belajar mengenai tumbuhan secara lengkap dan mempelajari sejarah yang ada di Kebun Raya dengan didampingi oleh tour guide.

Untuk mengikuti Tour de Kebun Raya ini, setiap orang akan dikenakan biaya Rp.50.000 dengan kapasitas 10 orang per tour guide. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk, biaya tour guide, dan air mineral. Selama mengikuti tour ini, para pengunjung akan diajak berkeliling dan akan dikenalkan mulai Historical Site, Interesting Collection, dan Eco Tree.

Baca Juga :  Lembang Park Zoo, Rekomendasi Liburan Lebaran yang Seru!

3. Berolahraga dan Bersepeda

Liburan Keluarga di Kebun Raya Bogor
Gambar diambil dari kebunraya.id

Kebun Raya Bogor ini memperbolehkan para pengunjung untuk berolahraga dan bersepeda. Di dalam area taman ini para pengunjung dapat jogging hingga bersepeda mengitari trek yang sudah tersedia. Berolahraga di Kebun Raya Bogor ini pastinya sangat segar dan menyehatkan, karena kebin ini dikelilingi pohon-pohon tinggi.

Bagi para pengunjung yang tidak memiliki sepeda namun tetap ingin mencoba keliling Kebun Raya menggunakan sepeda, Kebun Raya Bogor ini menyediakan sepeda yang dapat disewa oleh para pengunjung. Sepeda yang bisa disewa ialah sepeda gowes dengan biaya Rp.25.000 per jamnya dan per sepedanya.

4. Bersantai di Danau

Liburan Keluarga di Kebun Raya Bogor
Gambar diambil dari travelspromo.com

Bagi para pengunjung yang hanya ingin bersantai selama berada Kebun Raya Bogor ini, aktivitas ini cocok sekali dilakukan apabila pengunjung butuh healing dan melihat yang hijau-hijau. Selain itu, para pengunjung dapat bersantai di danau kecil di dalam kebun botani ini. Posisi kebun botani ini langsung menghadap ke Istana Bogor. Jadi, para pengunjung bisa bersantai dipinggir danau sembari menikmati halaman Istana Bogor.

Kebun Raya Bogor dibuka dari pagi hari. Jam buka Kebun Raya Bogor ini adalah pukul 08.00 – 16.00 WIB saat weekdays dan 07.00 – 16.00 WIB saat weekend. Tiket masuk Kebun Raya Bogor untuk domestik dan wisatawan asing dikenakan biaya Rp.16.500, sedangkan untuk pesepeda dikenakan biaya Rp.15.000 saat weekdays. Saat weekend tike domestik dan wisatawan asing dikenakan biaya Rp.26.500, sedangkan untuk pesepeda dikenakan biaya Rp.20.000.

Baca Juga :  Liburan Keluarga di Pantai Pasir Putih PIK 2 Jakarta

Biaya lainnya yang harus dikeluarkan oleh para pengunjung adalah biaya parkir. Biaya parkir saat memasuki Kebun Raya Bogor untuk mobil sebesar Rp.50.000 dan motor Rp. 5.000. Biaya parkir ini berlaku saat weekdays maupun weekend.

Sweet Couple ada berniat liburan ke Kebun Raya Bogor? Kalau ada, hal diatas adalah rincian yang dapat dilakukan selama berlibur ke Kebun Raya Bogor. Yuk berlibur ke Kebun Raya Bogor!

Selamat berlibur!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari beberapa artikel