7 Makanan Pencegah Cacar Monyet yang Harus DiKonsumsi!

Penyakit cacar monyet kembali menjadi perbincangan serius sejak wabah ini meningkat pesat di berbagai negara. Penyakit tersebut juga semakin ramai dibahas dan diwaspadai oleh masyarakat Indonesia.

Dilansir dari Jatengprov.go.id (3/8/2022), terdapat pasien suspek cacar monyet yang sedang dalam pantauan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Gejala cacar monyet meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, dan kelenjar getah bening membengkak. Penderita juga merasa kelelahan dan kedinginan.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Makanan pencegah cacar monyet merupakan salah satu cara alternatif yang penting untuk diketahui demi menghindari risiko wabah ini.

Apa saja makanan untuk mencegah cacar monyet? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Telur

Makanan pencegah cacar monyet yang praktis untuk dikonsumsi adalah telur. Telur memiliki kandungan selenium, yaitu nutrisi yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Kandungan selenium pada telur mampu mencegah infeksi pada tubuh kita, termasuk penyebaran cacar monyet atau monkeypox. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi telur selama masa waspada terhadap wabah.

Pada dasarnya telur memang merupakan sumber protein utama yang baik untuk dikonsumsi. Anda dapat mencoba berbagai kreasi olahan telur, seperti resep telur balado Jawa dan resep telur dadar Padang.

Baca Juga :  Resep Sup Salmon Super Praktis Hanya 5 Langkah

2. Ikan Laut

Ikan laut memang terkenal sebagai bahan makanan sehat dan bergizi. Ternyata aneka ikan laut termasuk makanan pencegah cacar monyet.

Selain dikenal sebagai sumber omega-3 yang tinggi, ikan laut juga mengandung selenium yang mampu menghindari risiko infeksi dari berbagai virus.

Sweet Couple dapat memasak rekomendasi ikan laut yang enak dan praktis, seperti resep ikan tongkol balado, resep ikan kembung bakar Padang, dan masih banyak lagi.

3. Kerang

Makanan untuk mencegah cacar monyet yang berikutnya adalah kerang. Varian seafood yang satu ini mempunyai antioksidan yang kuat.

Mengonsumsi kerang mampu melindungi sel tubuh Anda dari kerusakan. Intinya, kerang merupakan salah satu makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Daun Salam

Daun salam memiliki kandungan-kandungan yang bersifat anti-inflamasi, antibakteri, diuretik, dan pencernaan.

Daun herbal ini secara turun-temurun digunakan untuk mengobati flu, batuk, dan lain-lain. Ternyata daun salam termasuk obat tradisional yang dapat menghindari cacar monyet.

Cara yang paling praktis adalah mengolah daun salam sebagai minuman, yaitu menyeduh daun dengan air panas di gelas seperti ketika membuat teh herbal.

5. Mint

Senyawa mentol pada mint diyakini dapat menghindari tubuh dari penyakit monkeypox. Mengonsumsi mint bisa mengobati gangguan pernapasan, seperti batuk, radang tenggorokan, sinus, dan asma.

Baca Juga :  Resep Abon Ayam

Radang tenggorokan termasuk salah satu gejala cacar monyet. Oleh karena itu, mint dianggap dapat mengobati penyakit tersebut.

6. Kemangi

Sama seperti daun salam, kemangi merupakan sumber nutrisi dengan kekuatan anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Obat herbal ini termasuk pencegah monkeypox yang paling praktis untuk dicoba. Ada banyak makanan yang menggunakan kemangi sebagai bumbunya, seperti resep sup ikan kemangi, resep telur kemangi, dan lain-lainnya.

7. Ayam

Makanan pencegah cacar monyet yang enak dan menarik untuk dicoba adalah ayam. Kandungan selenium pada ayam sangat dibutuhkan untuk mencegah dan mengobati virus ini.

Sweet Couple dapat mencoba beberapa rekomendasi ayam, seperti resep ayam teriyaki saori, resep sup ayam kampung, resep ayam bumbu kuning, dan lain sebagainya.

Temukan berbagai kumpulan resep masakan ayam di sini!

Itulah rekomendasi makanan untuk mencegah cacar monyet. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Informasi disadur dari Liputan6.com