Manfaat Bumbu Dapur untuk Kesehatan

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Banyak di antara rempah-rempah tersebut digunakan sebagai bumbu dapur. Kehadirannya mampu menambah citarasa masakan menjadi lebih beraroma dan lezat. Tak heran bila masakan Nusantara digemari banyak orang karena peran bumbu dapur tersebut.

Tak hanya sebagai penyedap masakan, manfaat dari bumbu dapur lainnya adalah untuk kesehatan. Beragam rempah yang biasa kita kenal sebagai bumbu dapur ternyata memiliki sejumlah kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Jadi, selain melezatkan juga menyehatkan.

Di masa pandemi Corona seperti sekarang ini, sudah seharusnya kita mengonsumsi bahan makanan yang baik untuk kesehatan kita. Kita tentu tidak ingin terkena virus ataupun jatuh sakit. Apalagi masih banyak penyakit lain selain Corona yang bisa saja datang karena kita tidak menjaga kesehatan.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Sweet Couple mengonsumsi bahan makanan yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan seperti bumbu dapur dan rempah khas Indonesia. Banyak di antaranya yang sudah terkenal sejak dulu loh.

Kira-kira apa saja ya manfaat bumbu dapur untuk kesehatan? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Jahe untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Antimual

Bumbu dapur yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat adalah Jahe. Siapa sih yang tak tahu Jahe? Rempah-rempah yang satu ini tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga sebagai minuman seperti wedang Jahe dan susu Jahe.

Apa sih manfaat Jahe untuk kesehatan? Jahe ternyata menjadi salah satu bumbu dapur yang juga berguna dalam pengobatan herbal dan tradisional. Manfaat dari jahe yakni untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga :  Resep Sambal Geprek Super Pedas

Jahe memiliki rasa yang hangat, panas, dan cenderung pedas. Saat disantap, rasanya begitu hangat dan lega di tenggorokan. Oleh karena itu, jahe cocok dikonsumsi bila tubuh sedang tidak enak badan seperti masuk angin atau demam.

Jahe juga bermanfaat sebagai obat antimual. Sweet Couple bisa mengonsumsinya saat perut kembung dan mual. Bagi yang mual karena hamil atau perjalanan pun juga tak masalah bila mengonsumsi jahe.

Benar-benar bumbu dapur yang bermanfaat ya.

Bawang Putih untuk Menurunkan Kolesterol dan Mengatasi Pilek

Bawang putih sudah jamak digunakan sebagai bumbu dapur. Hampir setiap kali memasak, bawang putih masuk sebagai bumbu dapur wajib. Aromanya saat ditumis benar-benar menggoda dan membekas. Semua akan terbuai karenanya.

Ternyata bawang putih memiliki manfaat juga untuk kesehatan. Manfaat tersebut didapat dari kandungan allicin di dalamnya. Bawang putih bermanfaat sebagai penurun kolesterol. Jadi Anda tak perlu khawatir jika mengonsumsi bawang putih.

Selain itu, bawang putih juga memiliki khasiat untuk mengatasi pilek loh. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Tentunya dengan tidak berlebihan ya.

Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu bumbu dapur yang tak boleh dilewatkan adalah kayu manis. Biasanya, bumbu dapur ini digunakan untuk menambah aroma dan citarasa. Aromanya harum dan menggugah selera. Terkadang, kayu manis juga digunakan untuk membuat kue.

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Bumbu dapur ini memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Walau namanya kayu manis, tetapi manisnya gak bikin kita takut ya. Menyehatkan sih!

Cabai untuk Meningkatkan Metabolisme dan Kesehatan Pembuluh Darah

Bumbu dapur yang satu ini bisa dibilang yang wajib ada dan menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia. Ya, cabai alias cabe. Sweet Couple rasanya tak mungkin tak memiliki cabai di rumah. Masakan Indonesia akan terasa hambar bila tidak ada pedas dari cabai. Tak heran bila Indonesia memiliki beragam varian sambal karena banyak yang menggemari cabai.

Baca Juga :  Resep Sambal Terasi yang Digemari Banyak Orang

Walau dikenal memiliki citarasa pedas, tetapi cabai nyatanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan loh. Kandungan senyawa capsaicin yang ada di dalamnya mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Apalagi jika Sweet Couple mengonsumsi cabai yang masih segar, semakin terasa manfaatnya.

Kalau begini sih, Anda yang suka cabai dan makanan pedas jadi makin bersemangat mengonsumsi cabai ya. Namun, jangan sampai berlebihan ya karena yang ada Anda malah sakit perut.

Kunyit untuk Antioksidan dan Obat Antiradang

Kunyit sudah lama dikenal sebagai salah satu bumbu dapur favorit orang Indonesia. Biasanya, kunyit digunakan untuk membuat masakan menjadi warna kuning seperti nasi kuning atau soto. Selain itu, kunyit juga banyak digunakan untuk minuman tradisional seperti jamu kunyit asam yang menyegarkan.

Kunyit memiliki manfaat untuk kesehatan yakni sebagai antioksidan dan antiradang. Karena kaya akan antioksidan, kunyit bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan bisa membuat Anda jadi lebih awet muda.

Selain, kunyit juga berfungsi untuk antiradang karena adanya kandungan curcumin yang memiliki efektivitas sama dengan obat antiradang. Wah benar-benar obat radang yang murah meriah ya.

Serai untuk Aromaterapi, Penurun Demam, dan Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Sweet Couple suka serai atau sereh? Bumbu dapur yang satu ini selain berfungsi menyedapkan dan mengharumkan masakan, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita loh.

Aroma Serai yang menenangkan sering digunakan untuk aromaterapi. Harumnya serai bisa membuat pikiran dan tubuh lebih rileks. Tak heran jika Sweet Couple sering menemukan aromaterapi atau pengharum ruangan dengan wangi serai.

Serai juga bisa direbus dan dikonsumsi ketika tubuh Anda sedang sakit. Wedang Sereh atau Teh Sereh bermanfaat untuk menurunkan panas ketika demam. Cukup konsumsi secara rutin setiap hari selama Anda demam disertai istirahat cukup, panas tubuh akan menurun.

Baca Juga :  Resep Susu Jahe Hangat untuk Musim Hujan

Tak hanya itu, serai juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh kita loh. Benar-benar bumbu dapur dengan manfaat segudang untuk kesehatan ya.

Pala untuk Antioksidan dan Antimikroba

Bumbu dapur yang satu ini pernah menjadi komoditas ekspor andalan tanah air. Rempah-rempah inilah yang membuat bangsa Eropa menjelajah hingga nusantara dan memulai kolonialisme di Indonesia. Ya, bumbu dapur tersebut adalah pala.

Pala memiliki efek yang mampu membuat tubuh terasa lebih hangat. Aroma pala juga kuat sehingga cocok bagi Anda yang suka masakan dengan aroma berempah.

Apa sih manfaat pala untuk kesehatan? Pala kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada tubuh. Pala juga memiliki kandungan antimikroba yang bisa melawan beberapa macam bakteri seperti bakteri Streptococcus dan E.Coli.

Tak heran jika di Eropa pada masa lampau, pala menjadi salah satu bahan obat untuk sejumlah wabah penyakit mematikan. Tentunya, saat ini pala juga masih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Itulah sejumlah bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan. Cara terbaik untuk memperoleh manfaat dari rempah-rempah tersebut yakni dengan cara direbus. Sari rebusannya bisa langsung Anda minum. Usahakan untuk tidak menggoreng atau membakarnya karena bisa mengurangi kandungan manfaatnya.

Luar biasa bukan manfaat bumbu dapur untuk kesehatan? Jangan remehkan kekuatan tersembunyi dari rempah-rempah nusantara. Walau pengobatan modern sudah marak, tetapi pengobatan herbal dengan tanaman rempah juga tak ada salahnya untuk dicoba.

Anda juga bisa membuat sejumlah bahan herbal yang bermanfaat untuk dikonsumsi selama pandemi Corona loh.

Kira-kira manakah bumbu dapur favorit Anda di sini?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari sehatq.com