Minuman Pereda Nyeri Haid yang Paling Ampuh

Mau tahu apa saja minuman pereda nyeri haid?

Saat memasuki “Red Days”, sebagian besar perempuan mengalami perubahan pada kondisi tubuh. Salah satu efek yang sering dialami perempuan ketika sedang haid adalah rasa nyeri.

Rasa nyeri secara terus-menerus saat haid tentunya pada perubahaan emosional. Tidak heran jika perempuan seringkali terlihat sensitif saat datang bulan.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid. Anda juga tidak harus selalu mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Tidak ada salahnya untuk mencoba alternatif lain, seperti mengonsumsi minuman pereda nyeri haid.

6 Minuman Pereda Haid yang Wajib Dicoba

Mau tahu apa saja minuman pereda nyeri haid yang paling ampuh untuk dikonsumsi? Berikut ini terdapat 5 minuman pereda nyeri haid.

1. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya meredakan nyeri, minuman tradisional ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jamu kunyit asam juga berguna untuk membersihkan racun dari tubuh.

Jamu ini tentunya terbuat dari campuran kunyit dan asam jawa. Resep jamu kunyit asam sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kunyit, asam jawa, gula, dan air.

Kandungan kurkumin pada jamu kunyit asam berfungsi sebagai inflamasi yang mengurangi kontraksi. Hal ini sangat membantu dalam mengatasi rasa nyeri haid.

2. Teh Kamomil

Teh chamomile atau kamomil merupakan salah satu jenis teh verbal. Teh ini terbuat dari bunga chamomile yang dikeringkan. Bunga chamomile merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam rumpun bunga matahari. Bentuk bunga chamomile mirip dengan bunga matahari, tapi ukurannya lebih kecil dan warnanya putih.

Sebagian masyarakat memang belum familiar dengan teh herbal tersebut. Teh kamomil dipercaya dapat menjadi minuman pereda nyeri haid. Rasa nyeri haid yang sering dialami perempuan sebenarnya disebabkan oleh kelenjar prostat atau prostagladin.

Kamomil memiliki khasiat yang mampu menahan kelenjar prostat yang mengakibatkan nyeri saat haid. Oleh karena itu, teh kamomil merupakan salah satu minuman pereda nyeri haid yang paling cocok untuk dikonsumsi.

Sweet Couple tidak usah pusing-pusing mencari teh kamomil karena minuman ini banyak dijual di minimarket. Jadi, Anda tidak perlu meracik sendiri teh verbal ini.

3. Wedang Jahe

Kalau minuman yang satu ini pastinya sudah familiar bagi kebanyakan orang. Ya, wedang jahe selalu menjadi minuman wajib saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh. Ternyata minuman ini tidak sekadar menghangatkan tubuh, tapi mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan.

Wedang jahe ternyata dapat menjadi minuman pereda nyeri haid. Kandungan astiri yang tinggi dan gingerol pada jahe membantu dalam menahan prostagladin sehingga mampu mengatasi rasa nyeri.

Wedang jahe banyak dijual di angkringan, warung kopi, dan lain sebagainya. Minuman tradisional berbahan dasar jahe ini juga sangat mudah untuk diracik sendiri.

4. Jus Nanas

Kalau Anda selama ini mengira bahwa nanas merupakan buah yang pantang dimakan saat menstruasi, ternyata Anda salah! Nanas yang diolah menjadi jus justru termasuk minuman pereda nyeri haid.

Kandungan enzim bromelia pada nanas berdampak dalam meregangkan otot-otot tubuh. Kalau Sweet Couple tidak menyukai jus nanas karena terlalu asam, maka bisa ditambahkan sedikit gula agar lebih terasa manis.

5. Smoothie

Minuman pereda nyeri haid yang berikutnya adalah smoothie. Jenis minuman ini memang lebih dikenal sebagai menu diet andalan kebanyakan orang.

Selain menjadi menu diet, ternyata smoothie bermanfaat dalam mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Kandungan vitamin B dan kalsium dari beberapa bahan buahnya bisa mengatasi rasa kram.

Kandungan vitamin B paling banyak didapatkan dari buah pisang dan apel. Jadi jangan sampai lupa untuk menggunakan kedua bahan utama tersebut saat membuat smoothie. Kandungan kalsium bisa diperoleh dari bayam dan yoghurt.

6. Air Putih

Pada umumnya kita semua mengetahui bahwa air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Saat bangun tidur, kita selalu dianjurkan untuk minum air putih. Ternyata air putih juga bermanfaat sebagai pereda nyeri haid. Mengapa demikian?

Air putih yang hangat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan otot rahim yang kram akan berkurang atau terasa lebih rileks. Jadi, jangan lupa untuk sering mengonsumsi air putih setiap harinya.

Itulah 6 minuman pereda nyeri haid yang paling ampuh untuk dikonsumsi. Jadi, Anda tidak perlu bergantung pada obat-obatan. Ada baiknya untuk mencoba aneka minuman tradisional, minuman dari olahan buah, dan air putih untuk mengatasi rasa nyeri haid.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari yoursay.suara.com