Obat Masuk Angin Alami Murah Meriah

Siapa di sini yang pernah masuk angin? Pastinya hampir semua orang pernah mengalaminya. Apalagi Sweet Couple yang orang Indonesia dan tinggal di Indonesia. Sudah tidak asing lagi dengan masuk angin atau bahasa kerennya “Enter Wind”.

Sebenarnya, apa sih masuk angin itu? Sebenarnya, dalam dunia kedokteran medis tidak ada yang namanya istilah masuk angin. Masuk angin lebih merujuk ke sekumpulan gejala yang dialami seseorang sehingga membuat tubuh tidak enak badan.

Anda pasti sudah tahu dong gejala yang umum dialami ketika masuk angin? Berikut ini gejalanya:

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

  • Demam tinggi tiba-tiba
  • Pusing, sakit kepala, pegal, nyeri otot, nyeri sendi
  • Batuk
  • Panas dingin alias meriang
  • Sakit tenggorokan
  • Pilek dan bersin-bersin
  • Perut kembung dan mual
  • Badan lemas dan lesu
  • Tidak nafsu makan

Gejala yang dialami ketika masuk angin beragam. Biasanya tidak semuanya serta merta langsung dirasakan. Ada yang bertahap atau hanya merasakan beberapa gejala saja. Gejala ini juga dialami tanpa pandang usia dan berlangsung kurang lebih tiga hari hingga seminggu.

Ada banyak penyebab orang mengalami masuk angin. Beberapa di antaranya adalah:

  • Terlambat makan
  • Virus
  • Angin malam/Sering keluar malam
  • Konsumsi terlalu banyak makanan dan minuman pedas, berkafein, dan bersoda

Kalau sudah tahu gejala dan penyebab masuk angin, tentu Sweet Couple ingin tahu kira-kira apa sih obat masuk angin biar gejala ringan dan bisa sembuh.

Sebenarnya, cara yang paling konvensional dan banyak dilakukan oleh orang-orang adalah kerokan. Ya, dengan bermodal balsem/minyak urut dan sekeping koin tipis lalu digosok-gosok di punggung hingga kulit memerah. Banyak orang Indonesia yang melakukan hal ini, walau sebenarnya tidak dianjurkan karena membuat lapisan kulit menipis.

Baca Juga :  Kalori Tumis Buncis yang Wajib Kalian Tahu

Lantas, bagaimana caranya? Tak usah risau. Ada sejumlah obat masuk angin alami murah meriah yang bisa Anda coba ketika mengalami masuk angin.

Bersyukurlah Sweet Couple kita tinggal di Indonesia. Negeri ini dianugrahi beragam tanaman obat dan rempah-rempah yang biasa digunakan untuk pengobatan tradisional, termasuk untuk masuk angin. Alami dan murah meriah.

Penasaran kan dengan obat masuk angin alami murah meriah? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Banyak Istirahat

Tak ada obat yang lebih manjur saat masuk angin selain banyak istirahat. Ya, Anda harus istirahat cukup bahkan harus banyak istirahat saat masuk angin. Tubuh Anda tidak boleh lelah apalagi melakukan banyak aktivitas ketika sedang lemas dan lesu.

Tahan diri Anda untuk tidak beraktivitas banyak dan berat ketika masuk angin. Beri waktu kepada tubuh Anda untuk membentuk antibodi dan memerangi virus yang ada dalam tubuh Anda. Dengan beristirahat, tubuh akan lebih cepat pulih ke depannya.

Agar istirahat Anda lebih maksimal, Anda juga bisa mengonsumsi obat penurun panas seperti paracetamol. Biasanya, obat yang mengandung paracetamol akan membuat Anda lebih cepat mengantuk sehingga Anda akan istirahat dengan sendirinya.

2. Konsumsi Minuman Hangat Rempah Tradisional

Sebagai negara dengan kekayaan rempah-rempah dan tanaman herbal, sudah tidak heran bila ada banyak bahan-bahan herbal di Indonesia yang terkenal sebagai obat tradisional.

Sebut saja jahe, kunyit, lengkuas, serai, bawang putih, kencur, dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya bisa dikonsumsi sebagai obat masuk angin seperti jahe, lengkuas, serai, dan kencur. Sudah banyak yang merasakan khasiatnya bila dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga :  6 Makanan Pengganti Nasi Terpopuler di Indonesia

Kandungan yang ada dalam tanaman rempah-rempah memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh. Cocok sekali untuk Anda yang mengalami demam atau meriang ketika masuk angin melanda. Tubuh akan terasa lebih hangat karenanya.

Sweet Couple bisa coba konsumsi minuman hangat berbahan rempah tradisional untuk mengatasi gejala masuk angin. Cukup rebus bahan-bahannya dan minum airnya. Anda bisa membuat wedang jahe, lemongrass tea, atau jamu beras kencur sebagai obat masuk angin alami.

Kalau ingin yang tidak terlalu terasa rempahnya, cobalah membuat susu jahe yang juga menyehatkan.

3. Konsumsi Buah-Buahan yang Mengandung Banyak Air

Tak hanya rempah-rempah, Indonesia juga memiliki beragam buah yang kaya akan gizi. Buah-buahan tak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan sehingga cocok juga disebut sebagai salah satu obat alami untuk penyakit, seperti masuk angin.

Saat masuk angin, tubuh kita akan terasa lemas. Jika kita muntah dan mual saat masuk angin, maka menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Buah-buahan apa saja sih yang mengandung banyak air? Sweet Couple bisa mengonsumsi jambu air, buah naga, jeruk, kiwi, belimbing, dan masih banyak lagi. Buah-buahan tersebut merupakan sumber vitamin dan air alami. Dengan mengonsumsinya, niscaya tubuh akan terasa lebih segar.

4. Konsumsi Air Putih dan Makanan Bergizi

Saat masuk angin, Anda perlu banyak minum air putih. Air putih mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, tubuh Anda akan lebih mampu mengembalikan kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan cairan dari air putih yang kita konsumsi.

Baca Juga :  Manfaat Bumbu Dapur untuk Kesehatan

Tak hanya itu, obat masuk angin alami yang juga harus Anda konsumsi adalah makanan bergizi seperti buah dan sayur. Anda bisa mengonsumsi sup sayur atau sup ayam yang hangat agar lebih mudah dicerna tubuh dan kebutuhan gizi tetap terpenuhi. Anda tak boleh membiarkan perut kosong walau mulut terasa hambar atau tidak nafsu makan.

Hal ini diperlukan agar kondisi tubuh menjadi lebih cepat pulih dari masuk angin. Anda tak ingin kan berlama-lama masuk angin dan sakit?

Itulah obat masuk angin alami murah meriah yang bisa Anda konsumsi ketika mengalami gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan tadi. Sebenarnya mudah dan murah kan? Semuanya tersedia dan bisa Anda dapatkan tanpa kesulitan.

Boleh saja kok mengonsumsi obat atau berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Namun, tak ada salahnya juga menggunakan cara-cara yang murah meriah tersebut? Pastinya akan semakin mendukung tubuh kita untuk pulih dari masuk angin.

Namun, apabila masuk angin Sweet Couple tak kunjung reda alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter ya agar memperoleh diagnosa dan penanganan yang tepat.

Yang terpenting adalah Anda juga harus menjaga kesehatan di manapun dan kapanpun. Jangan sampai Anda abai karena jika sudah jatuh sakit akan jadi repot dan menyusahkan.

Yuk jaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari hellosehat.com