10 Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok yang Wajib Diborong

Jalan-jalan gak akan lengkap jika tidak membawa oleh-oleh saat pulang ke rumah. Termasuk jika usai bepergian ke kawasan wisata Mandalika Lombok. Sebagai salah satu destinasi wisata superprioritas Indonesia, pastinya terdapat beragam oleh-oleh khas Mandalika Lombok yang bisa dibawa pulang ke rumah.

Tak hanya menawarkan wisata Pantai yang luar biasa ataupun sebagai tuan rumah perhelatan akbar Moto GP Mandalika 2022. Lombok punya banyak hal untuk ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke sini.

Biasanya, wisatawan hanya tahu oleh-oleh berupa kalung mutiara, rumput laut, ataupun susu kuda liar Sumbawa berwisata ke Lombok. Padahal ada banyak oleh-oleh lain yang tak kalah menarik untuk dibeli dan diberikan kepada orang tercinta di rumah loh.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Kira-kira oleh-oleh khas Mandalika Lombok yang bisa Sweet Couple borong ya? Daripada berlama-lama, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 1: Dodol Rumput Laut

Gambar diambil dari instagram.com/phoenixfood_online

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok yang pertama yakni dodol rumput laut. Ya, Lombok sudah lama terkenal akan dodol rumput lautnya yang sangat khas ini. Bisa dibilang popularitasnya tak kalah dengan Dodol Garut di Jawa Barat loh.

Dodol ini sangat unik karena menggunakan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Rumput laut sendiri dikenal menyehatkan karena kaya akan serat sehingga cocok bagi Sweet Couple yang punya kendala dalam sistem pencernaan.

Rasanya manis dan tampilannya cantik dengan aneka warna yang mencolok. Pastinya keluarga di rumah akan suka bila dibawakan oleh-oleh Lombok yang satu ini. Jadi, jangan lupa diborong ya!

Baca Juga :  5 Pantai Mandalika Lombok Dekat Sirkuit Mandalika

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 2: Kalung Mutiara

Gambar diambil dari instagram.com/theclosetdrama_com

Bagi para wanita, pastinya tak boleh melewatkan oleh-oleh Lombok yang satu ini. Ya, inilah kalung mutiara. Mutiaranya bukan sembarang mutiara loh. Mutiaranya menggunakan mutiara Lombok yang memang terkenal berkualitas tinggi.

Ada dua macam mutiara yang dibudidayakan di Lombok yakni mutiara air laut dan mutiara air tawar. Keduanya sama-sama bagus dan memiliki kualitas tinggi bahkan dikenal hingga mancanegara. Mutiaranya dibuat menjadi aneka perhiasan, salah satu yang paling terkenal dan banyak diminati tentunya kalung mutiara.

Di Lombok, Sweet Couple bisa menemukan perhiasan kalung mutiara di kawasan Sekarbela. Di sini, ada banyak toko dan perajin mutiara yang merakit perhiasan tersebut untuk dijual kepada wisatawan. Gimana girls? Jadi makin pengen ke Lombok gak tuh?

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 3: Kain Tenun Sasak

Gambar diambil dari instagram.com/riarosalina20

Bila membahas kerajinan kain Indonesia, maka tak akan ada habisnya. Pasalnya Indonesia punya beragam jenis kain sesuai dengan daerahnya masing-masing. Salah satunya adalah Lombok yang terkenal dengan kerajinan kain tenun Suku Sasak.

Kain-kainnya dibuat secara manual dan tradisional oleh perajin Suku Sasak di kawasan Desa Wisata Suku Sasak di Sade dan Rambitan. Pengerjaannya dilakukan oleh kaum wanita dan bisa memakan waktu berhari-hari. Tak heran bila kain ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Mandalika Lombok yang harganya cukup mahal.

Walau demikian, kualitasnya tergolong sangat baik. Selain itu, dedikasi tinggi dan kecintaan terhadap budaya sendiri menjadikan barang ini bernilai tinggi. Rasanya pantas sekali membayar mahal untuk sebuah mahakarya ini.

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 4: Peyek Kangkung Rumput Laut

Gambar diambil dari instagram.com/oleholehkhaslombok

Mau coba peyek yang beda dari biasa? Yuk coba beli Peyek Kangkung Rumput Laut! Oleh-oleh khas Lombok ini merupakan salah satu inovasi dari para pengusaha maupun petani rumput laut. Baru kali ini kan rumput laut dijadikan peyek?

Citarasanya sudah pasti lezat. Bagaimana tidak? Lombok memiliki rumput laut kualitas tinggi dan juga dikenal sebagai penghasil kangkung terbaik di Indonesia. Jadi Sweet Couple tak usah ragu lagi dengan citarasa yang dihasilkan dari makanan inovatif ini.

Baca Juga :  Inilah 5 Fakta Sirkuit Mandalika Lombok

Peyek Kangkung Rumput Laut ini teksturnya renyah dan bercitarasa asin sekaligus gurih. Selain itu, ada varian rasa lain juga seperti rasa pedas, teri pedas, dan seledri. Cocok banget nih untuk teman camilan bersama keluarga di rumah.

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 5: Terasi Bakar Lombok

Gambar diambil dari instagram.com/pawonlombok15

Jauh-jauh ke Lombok eh malah beli oleh-oleh terasi? Gak salah tuh? Tentu tidak salah dong. Tahukah Sweet Couple jika terasi bakar Lombok ini dikenal dengan kualitasnya yang tinggi? Bahkan ada yang bilang bahwa terasi ini lebih enak dan bumbunya lebih berasa ketimbang terasi asal Cirebon.

Biasanya, bumbu terasi bakar Lombok ini banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan ayam Taliwang Khas Lombok. Kalau seperti ini sih jadi bisa mencoba bikin resep Ayam Taliwang sendiri di rumah deh. Menarik sekali kan?

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 6: Tuak Manis Lombok

Gambar diambil dari instagram.com/dhi_dyan

Mau coba oleh-oleh khas Lombok yang agak unik? Coba deh beli Tuak Manis Lombok. Citarasanya enak loh karena segar dan manis. Paling pas jika menikmatinya saat siang hari. Dijamin jadi mabuk kepayang deh.

Kalau melihat dan merasakan minuman ini, mungkin Sweet Couple jadi teringat dengan bir pletok. Bedanya, minuman ini mengandung alkohol. Jadi, pastikan Anda tidak ada pantangan untuk minum alkohol ya.

Tuak Manis Lombok ini juga tidak tahan lama sehingga harus cepat-cepat diminum dan dihabiskan segera. Jangan sampai sudah jauh-jauh membawanya eh malah tidak bisa dinikmati karena basi.

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 7: Abon Ikan Marlin Lombok

Gambar diambil dari instagram.com/imanyudas

Suka abon? Ada juga oleh-oleh khas Mandalika Lombok yang berupa abon. Bedanya abon ini tidak berbahan dari daging sapi ataupun ayam. Inilah Abon Ikan Marlin yang dikenal karena khasiatnya untuk tumbuh kembang anak maupun para penderita kolesterol.

Ikan Marlin ini bukan sembarang ikan loh Sweet Couple karena di dalamnya ada banyak kandungan gizi seperti DHA, Omega 3, dan pastinya bebas kolesterol. Jadinya bakal aman banget deh untuk dikonsumsi oleh siapapun.

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 8: Susu Kuda Liar Sumbawa

Gambar diambil dari instagram.com/king_maharani_online_shop

Walau namanya Susu Kuda Liar Sumbawa, tetapi oleh-oleh ini sangat terkenal di Lombok loh. Susu Kuda Liar Sumbawa ini sudah lama dikenal sebagi oleh-oleh wajib bungkus bila berada di Lombok. Keren banget ya.

Baca Juga :  10 Kuliner Lombok Super Maknyus Wajib Coba

Susu Kuda Liar ini memiliki citarasa yang berbeda dengan susu kebanyakan. Rasanya lebih asam dan kecut. Kuda yang dihasilkan juga bukan kuda yang ternak, melainkan kuda Sumbawa yang memang hidup liar seantero Sumbawa. Khasiatnya bisa menambah stamina untuk orang dewasa khususnya laki-laki. Boleh dicoba tuh kayaknya.

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 9: Permen Susu Kuda Liar Sumbawa

Gambar diambil dari instagram.com/lombokfood03

Kalau tadi ada susu kuda liar Sumbawa, maka kali ini ada Permen Susu Murni Sumbawa. Oleh-oleh Lombok ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang ingin mencoba susu kuda liar Sumbawa dengan versi yang lebih manis. Pasalnya tak semua orang terbiasa dengan rasa asam dan kecut saat meminum susu kuda liar sumbawa.

Dulunya, permen ini masih diolah secara tradisional. Namun, saat ini sudah banyak tersedia versi modern-nya dan sudah disesuaikan dengan lidah warga setempat maupun wisatawan. Gimana? Tertarik mencobanya?

Oleh-Oleh Khas Mandalika Lombok 10: Minyak Gosok Sumbawa

Gambar diambil dari instagram.com/mentari_ole2makassar

Badan pegal-pegal usai jalan-jalan keliling Lombok? Jangan lupa beli oleh-oleh khas Mandalika Lombok yang satu ini. Inilah minyak gosok Sumbawa yang terkenal itu. Dijamin pegal akan cepat pulih dan sembuh usai menggosok badan dengan minyak yang satu ini.

Terbuat dari akar lawang dan rempah-rempah khas Sumbawa lainnya. Aromanya terkenal sangat khas. Saat digosok ke badan, sensasinya sangat hangat dan memberi sensasi rileks. Bila badan sedang sangat pegal maupun masuk angin, rasanya panas dan bisa membuat badan terasa lebih enak.

Masuk angin dan pegal-pegal serta kelelahan, cukup atasi saja dengan minyak gosok Sumbawa ini!

Itulah 10 rekomendasi Oleh-Oleh khas Mandalika Lombok yang wajib Anda borong. Sekarang pasti sudah tahu dong mau beli apa saja kalau berkunjung ke Lombok? Jadi, tak ada alasan untuk tidak membawa karena tidak tahu ya.

Selamat belanja!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari blog.reservasi.com