5 Panduan Dekorasi Imlek untuk Di Rumah

Tahun berganti, bulan berganti, tak terasa kita sebentar lagi akan menyambut perayaan Imlek di tahun 2023. Panduan dekorasi Imlek ini bisa Sweet Couple jadikan acuan untuk mempersiapkan momen spesial itu. Tahun baru Imlek bukan hanya perayaan biasa, sama seperti perayaan umat muslim dan nonmuslim lainnya, Imlek menjadi ajang berkumpulnya keluarga di rumah.

Dalam kebudayaan di Tionghoa, Imlek merupakan salah satu hari libur yang penting. Bahkan untuk merayakan Imlek, banyak orang telah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Di Indonesia sendiri, masyarakat keturunan Tionghoa masih banyak, dan mereka akan merayakan Imlek dengan penuh suka cita.

Perayaan Imlek sendiri identik dengan dekorasi rumah minimalis berwarna merah. Tak hanya itu, angpao dan makanan khas Tionghoa juga akan tersaji saat acara Imlek.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Selain menjadi sarana untuk berkumpul bersama keluarga, ternyata perayaan Imlek juga menjadi ajang dekorasi rumah minimalis. Tidak hanya itu, ketika perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa akan melakukan berbagai tradisi rutin, seperti membersihkan rumah, sembayang ke leluhur, memberi angpao, menyalakan petasan dan kembang api, hingga adanya pertunjukan barongsai. Yang pasti, semua tradisi perayaan Imlek tersebut dilakukan bersama keluarga sehingga memiliki kesan tersendiri.

Baca Juga :  Resep Kue Lapis Legit untuk Imlek

Ingin tahu seperti apa sih panduan untuk dekorasi tahun baru Imlek di rumah? Simak ya ulasannya berikut ini!

Panduan Dekorasi Imlek di Rumah

1. Bersihkan rumah terlebih dahulu

5 Panduan Dekorasi Imlek untuk Di Rumah
Gambar diambil dari ajeg.co.id

Jika Sweet Couple memiliki teman atau keluarga yang datang ke rumah pada Tahun Baru Imlek, maka Anda perlu membersihkan rumah terlebih dahulu. Secara tradisional, membersihkan rumah menjelang Imlek dilakukan untuk menghilangkan nasib buruk tahun ini. Kemudian, ketika para tamu tiba, minta mereka melepas sepatu di pintu untuk mendorong transisi yang bersih dan mulus ke tahun baru.

2. Hiasi rumah dengan warna merah

5 Panduan Dekorasi Imlek untuk Di Rumah
Gambar diambil dari Kompas.com

Pesta yang baik tentu membutuhkan dekorasi yang meriah. Salah satu kebiasaan Tahun Baru Imlek adalah menggantung hiasan kertas merah di jendela, pintu, dan di sekitar rumah.

Merah juga melambangkan kekuatan, kebahagiaan, dan vitalitas. Jadi, Anda perlu menggunakan warna merah di mana pun Anda bisa dalam dekorasi rumah. Misalnya, ikat lampion kertas merah, atau letakkan bunga merah di dalam vas di sekeliling ruangan.

3. Pastikan untuk menambahkan elemen dekorasi emas

Meskipun dekorasi Imlek tradisional berwarna merah, namun harus diberi aksen emas. Emas melambangkan kekayaan, nasib baik, dan kemakmuran, semua tema penting untuk tahun baru. Juga merupakan tradisi Tahun Baru Imlek untuk menulis pesan yang berisi harapan keberuntungan, kekayaan, kemakmuran, dan umur panjang untuk orang yang dicintai.

Baca Juga :  Resep Es Sarang Burung Super Segar untuk Imlek

Tempatkan pesan-pesan itu di tempat orang akan menemukannya. Untuk sentuhan keberuntungan tambahan, tulis pesan dengan tinta emas di atas kertas merah.

4. Masukkan elemen zodiak China

5 Panduan Dekorasi Imlek untuk Di Rumah
Gambar diambil dari cantik.tempo.co

Tradisi Tionghoa menyatakan bahwa setiap tahun baru dijiwai dengan karakteristik salah satu dari 12 hewan dalam zodiak China, yakni tikus, lembu, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jago, anjing dan babi. Juga merupakan tradisi untuk mendekorasi rumah dengan gambar hewan zodiak yang merepresentasikan tahun baru ini.

5. Unsur naga dan singa

5 Panduan Dekorasi Imlek untuk Di Rumah
Gambar diambil dari Kompas.com

Naga adalah simbol yang disukai untuk Tahun Baru Imlek. Naga melambangkan kekuatan, kebaikan dan keberuntungan serta kekuatan supernatural, jadi pastikan Anda memasukkan naga dalam dekorasi. Misalnya, Anda dapat memasang karangan bunga naga merah panjang di sepanjang langit-langit atau dinding. Adapun singa melambangkan kekuatan, stabilitas, dan keunggulan untuk Tahun Baru Imlek.

Nah, jadi sekarang Sweet Couple bisa lebih mempersiapkan dengan lebih baik kan dekorasi untuk di rumah nanti. Dengan begitu, pasti acara Tahun Baru Imlek akan lebih berkesan buat keluarga dan kerabat yang datang.

Kalau Sweet Couple ingin tau makanan apa saja sih yang bisa disajikan saat Imlek nanti? Silahkan coba resep masakan khas Imlek ini ya. Selamat mempersiapkan Imlek!

Baca Juga :  Sejarah Kue Keranjang dan Maknanya

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel diambil dari berbagai sumber