Rekomendasi Museum yang Wajib Dikunjugi Bersama Pasangan di Jakarta

Bingung mau pacaran dan kencan di mana bersama pasangan? Mau di mal tapi bosan. Mau di kafe atau restoran tapi jauh. Mau ke luar kota tapi ga ada waktu.

Gimana kalau Sweet Couple berkunjung ke museum? Ya, Jakarta memiliki sejumlah museum yang layak untuk dikunjungi. Selain bisa belajar sejarah, Sweet Couple juga tetap bisa menikmati suasana romantis bersama loh.

Sebelumnya membaca artikel ini, tetap perhatikan etika dan sopan santun aturan di museum – museum yang kami rekomendasikan yaaa.. Jangan sampai karna keasikan berduaan jadi lupa aturan di museum.

Nahh, berikut ini rekomendasi museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta. Yuk simak ulasannya!

Museum Sejarah Jakarta/Museum Fatahillah, Museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta sambil mengenal sejarah Jakarta

Rekomendasi pertama museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta adalah Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah.

Berlokasi di pusat kawasan Kota Tua Jakarta, Jakarta Barat, Museum Fatahillah ini seolah menjadi tempat wajib untuk dikunjungi kala berada di Kota Tua Jakarta.

Bangunan Museum Fatahillah ini serupa dengan bangunan Istana Amsterdam di Belanda dan dulunya merupakan Stadhuis atau Balai Kota pada era kolonial Belanda.

Di sini, Sweet Couple bisa mempelajari banyak hal mengenai sejarah Jakarta dari era Sunda Kelapa, Batavia, hingga Jakarta. Foto-foto sudah pasti wajib banget ya di sini.

Cocok banget rasanya pacaran sambil belajar tentang sejarah Jakarta di Museum Fatahillah.

Museum Sejarah Jakarta/Museum Fatahillah
Lokasi:
  Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk: Dewasa Rp5.000,00, Anak-anak Rp2.000,00
Jam Operasional: Selasa-Minggu Pukul 09.00-15.00 WIB

Museum Wayang, Museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta sambil belajar tokoh-tokoh wayang Indonesia dan dunia

Masih berada di kawasan Kota Tua Jakarta, ada lagi museum yang menjadi rekomendasi untuk Sweet Couple yang ingin pacaran dan kencan di Jakarta.

Museum Wayang, sesuai namanya museum ini memiliki koleksi tokoh-tokoh wayang dari Indonesia dan dunia. Di sini, Sweet Couple bisa belajar tentang sejarah dan makna dari setiap karakter wayang yang ada.

Desain interior museumnya pun tergolong modern sehingga tidak membosankan.

Sweet Couple pun ga akan bosan selama pacaran dan kencan di Museum Wayang ini!

Museum Wayang
Lokasi:
  Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk: Rp5.000,00 per orang
Jam Operasional: Selasa-Jumat Pukul 09.00-15.00 WIB , Sabtu-Minggu Pukul 09.00-20.00 WIB

Museum Bank Indonesia, Museum dengan suasana modern yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta sambil belajar tentang sejarah uang dan perbankan Indonesia

Kawasan Kota Tua Jakarta memang memiliki banyak museum yang layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah Museum Bank Indonesia.

Terletak tidak jauh dari Stasiun Jakarta Kota dan bersebelahan dengan Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia menawarkan pengalaman berkunjung ke museum yang berbeda.

Museum Bank Indonesia memiliki interior dengan penataan dan suasana yang modern serta jauh dari kata suram.

Koleksinya pun lengkap, Sweet Couple bisa tetap pacaran dan kencan sambil belajar mengenai sejarah uang, sistem moneter, dan dunia perbankan Indonesia dari masa ke masa.

Pokoknya pacaran dan kencan di Museum Bank Indonesia itu berfaedah banget deh!

Museum Bank Indonesia
Lokasi:
 Jalan Jembatan Batu No.3, Pinangsia, Tamansari, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk: Rp5.000,00 per orang
Jam Operasional: Selasa-Jumat Pukul 07.30-15.30 WIB , Sabtu-Minggu Pukul 08.00-16.00 WIB

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Bermain Seru yang wajib dikunjungi di Indonesia

Museum Seni Rupa dan Keramik, Rekomendasi Museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta bagi pecinta seni rupa

Masih di area Kota Tua Jakarta yang bersejarah, terdapat Museum Seni Rupa dan Keramik sebagai rekomendasi museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta.

Museum ini memiliki desain arsitektur yang megah dengan pilar-pilar di depannya yang terlihat seperti ala Yunani Kuno.

Di dalam Museum Seni Rupa dan Keramik, Sweet Couple bisa menyaksikan beragam koleksi karya seni rupa dari tanah air sejak era dulu hingga modern seperti sekarang ini.

Museum ini cocok untuk Sweet Couple pecinta seni rupa. Dijamin bakal betah berlama-lama pacaran dan kencan di Museum Seni Rupa dan Keramik.

Museum Seni Rupa dan Keramik
Lokasi:
 Jl. Pos Kota, RT.9/RW.2, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta Barat
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk: Rp5.000,00 per orang
Jam Operasional: Selasa, Rabu, Kamis, Minggu Pukul 09.00-15.00 WIB , Jumat Pukul 09.00-14.30 WIB, Sabtu Pukul 09.00-12.30 WIB

Museum Bahari, Rekomendasi Museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta dekat Sunda Kelapa

Bergeser sedikit dari kawasan Kota Tua ke arah Pelabuhan Sunda Kelapa, terdapat salah satu museum yang menjadi rekomendasi tempat untuk pacaran dan kencan di Jakarta yakni Museum Bahari.

Sesuai namanya, Museum Bahari ini menampilkan koleksi mengenai dunia bahari, kemaritiman, dan laut Indonesia seperti perahu dan kapal-kapal Indonesia dari masa ke masa, tokoh-tokoh maritim tanah air, peralatan para pelaut, hingga sebaran biota laut nusantara.

Desain arsitektur Museum Bahari ini juga sangat tua dan menawan sehingga cocok untuk diabadikan bersama pasangan. Yakin nih ga mau pacaran dan kencan di Museum Bahari?

Museum Bahari
Lokasi:
 Jl. Pasar Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kota Jakarta Utara
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk: Rp2.000,00 per orang
Jam Operasional: Selasa-Minggu Pukul 09.00-15.00 WIB

Art:1 New Museum and Art Space Jakarta, Museum sekaligus Galeri Seni yang cocok untuk tempat pacaran dan kencan di Jakarta

Keluar dari kawasan Kota Tua Jakarta, terdapat sebuah museum sekaligus galeri seni yang cocok sebagai tempat pacaran dan kencan di Jakarta.

Inilah Art:1 New Museum and Art Space Jakarta, yang terletak di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat. Museum ini terlihat tidak seperti museum, tetapi lebih menyerupai sebuah bangunan modern.

Wajar saja, karena Art:1 New Museum and Art Space Jakarta ini bukanlah bangunan tua peninggalan Belanda dan mulai dibuka pada 2011 silam.

Art:1 New Museum and Art Space Jakarta memiliki koleksi seni rupa, baik lukisan maupun instalasi karya seni dari berbagai seniman Indonesia maupun mancanegara.

Desain interiornya pun modern kekinian dengan dominasi warna putih sehingga memberi kesan bersih, luas, dan tenang.

Ayo, siapa yang mau kencan dan pacaran di Art:1 New Museum and Art Space Jakarta?

Art:1 New Museum and Art Space Jakarta
Lokasi:
 Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Rp125.000,00 untuk warga negara asing, Rp100.000,00 untuk umum dan Rp75.000,00 untuk pelajar
Jam Operasional: Selasa-Sabtu Pukul 10.00-18.00 WIB, Minggu Pukul 10.00-16.00 WIB

Galeri Nasional Indonesia, Rekomendasi Museum sekaligus Galeri Seni yang cocok untuk pacaran dan kencan di tengah kota Jakarta

Terletak di jantung kota Jakarta, tepat di seberang pintu masuk Stasiun Gambir Jalan Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat, Galeri Nasional Indonesia termasuk dalam rekomendasi museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta.

Baca Juga :  Rekomendasi Pantai Cantik dan Indah yang Wajib Dikunjungi di Indonesia

Sesuai namanya, Galeri Nasional Indonesia merupakan museum sekaligus galeri yang memamerkan beragam karya seni dari para maestro tanah air maupun mancanegara, seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, dan masih banyak lagi.

Terkadang Galeri Nasional Indonesia juga sering mengadakan acara lokakarya, seminar, maupun bedah film/buku di waktu-waktu tertentu.

Berfaedah banget pastinya kalau Sweet Couple mau pacaran dan kencan di Galeri Nasional Indonesia.

Galeri Nasional Indonesia
Lokasi:
 Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Gratis
Jam Operasional: Selasa-Minggu Pukul 09.00-16.00 WIB

Museum Nasional, Museum Pusat di Jakarta yang cocok untuk pacaran dan kencan yang lebih berfaedah

Museum Nasional atau dikenal juga sebagai Museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, tepat di sebelah barat kawasan Monas(Monumen Nasional).

Namanya saja Museum Nasional, maka koleksinya berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Mulai dari patung, arca, naskah-naskah kuno, prasasti, dan masih banyak lagi.

Museum ini pun tergolong luas karena banyaknya koleksi sehingga bagi Sweet Couple pecinta sejarah dan tanah air dijamin puas berkeliling di Museum Nasional.

Museum Nasional
Lokasi:
 Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Dewasa Rp5.000,00, Anak-anak Rp2.000,00, WNA Rp10.000,00
Jam Operasional: Selasa-Jumat Pukul 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu Pukul 08.00-17.00 WIB

Museum Tekstil Rekomendasi Museum untuk Pacaran dan kencan di Jakarta bagi Penggemar Fashion

Buat Sweet Couple pecinta dan penggemar fashion, rasanya cocok deh untuk coba kencan dan pacaran di Museum Tekstil.

Terletak tak jauh dari kawasan Tanah Abang yang dikenal sebagai pusat tekstil tanah air, Museum Tekstil menampilkan koleksi tekstil dan busana dari seluruh penjuru tanah air.

Di sini, Sweet Couple bisa melihat keanekaragaman dan kekayaan tekstil Indonesia yang luar biasa indah. Tak hanya itu, Sweet Couple juga bisa loh turut serta belajar teknik membatik di Museum Tekstil.

Benar-benar museum yang cocok untuk Sweet Couple penggemar fashion!

Museum Tekstil
Lokasi:
 Jl. Ks. Tubun No.2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Sel., Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11420
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Dewasa Rp5.000,00, Mahasiswa Rp3.000,00, Anak-anak Rp2.000,00,
Jam Operasional: Selasa-Minggu Pukul 09.00-16.00 WIB

Museum MACAN Rekomendasi Museum Hits yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta

Inilah museum paling hits yang digandrungi oleh muda-mudi Jakarta, Museum MACAN. Loh apakah museum ini menyimpan koleksi macan? Tentu saja tidak ya Sweet Couple.

MACAN di sini merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara, sehingga jelas sekali ya kalau museum ini tidak menyimpan hewan macan.

Sesuai dengan namanya, Museum MACAN ini memiliki koleksi karya seni modern dan kontemporer dari seniman-seniman tanah air, mulai dari lukisan, pahatan, hingga instalasi karya seni yang unik, abstrak, dan mempesona.

Spot yang paling terkenal adalah Infinity Room berisi ruangan gelap dengan kelap-kelip lampu indah berwarna-warni.

Museum MACAN cocok banget untuk Sweet Couple yang ingin pacaran dan kencan dengan suasana artsy dan unik.

Museum MACAN
Lokasi:
 AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Rp50.000,00 untuk dewasa, Rp40.000,00 untuk lansia dan pelajar, dan Rp30.000,00 untuk anak-anak
Jam Operasional: Selasa-Minggu Pukul 10.00-18.00 WIB

MOJA Museum Museum Kekinian Antibosan yang cocok untuk Pacaran dan Kencan di Jakarta

Buat Sweet Couple yang ingin tempat pacaran dan kencan antibosan antimainstream, langsung aja cus ke MOJA Museum.

Baca Juga :  Rekomendasi Lapangan yang Cocok untuk Olahraga Bersama Pasangan di Jakarta

Berlokasi di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, MOJA Museum menawarkan sensasi berbeda dari museum pada umumnya.

Dengan menyajikan seni instalasi sebagai bintang utamanya dan spot-spot fotogenic instagrammable di hampir setiap sudutnya, menjadikan MOJA Museum sebagai museum yang cocok untuk foto-foto.

Banyak tempat warna-warni, unik, dan eksentrik yang cocok untuk diabadikan bersama pasangan. Benar-benar tempat pacaran antibosan dan antimainstream banget ya Sweet Couple!

MOJA Museum
Lokasi:
 Jl. Metro Pondok Indah Blok Tb No.27 9, RT.16/RW.16, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, South Jakarta City, Jakarta 12310
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Rp100.000,00 untuk dewasa, Rp90.000,00 untuk lansia dan anak-anak saat Weekday. Rp125.000,00 untuk dewasa dan Rp115.000,00 untuk lansia dan anak-anak saat akhir pekan dan hari libur
Jam Operasional: Senin-Jumat Pukul 11.00-20.00 WIB, Sabtu-Minggu Pukul 10.00-20.00 WIB

Museum Layang-Layang Rekomendasi Museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta bagi pecinta layang-layang di masa kecil

Ayo, siapa yang waktu kecil dulu suka main layang-layang? Buat Sweet Couple yang pecinta layang-layang di masa kecil, kami rekomendasikan untuk berkunjung ke Museum Layang-Layang.

Terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Museum Layang-Layang memiliki suasana khas ala rumahan. Bangunannya berbentuk pendopo khas Jawa dengan suasana taman yang begitu asri.

Di sini, Sweet Couple bisa melihat koleksi layang-layang dengan berbagai model, ukuran, dan bentuk. Tak hanya itu, Sweet Couple bisa melihat proses pembuatan layang-layang bahkan bisa juga belajar membuat layang-layang loh.

Benar-benar tempat pacaran yang bikin kita nostalgia masa kecil banget ya Sweet Couple!

Museum Layang-Layang
Lokasi:
 Jl. H. Kamang No.38, RT.8/RW.10, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Rp15.000,00 per orang
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 09.00-16.00 WIB (kecuali hari libur nasional)

Museum di Tengah Kebun Rekomendasi Museum yang cocok untuk pacaran dan kencan antimainstream dengan nuansa asri di Jakarta

Ya, namanya memang Museum di Tengah Kebun. Sesuai dengan namanya, museum ini berada di tengah kebun dan taman hijau di tengah padatnya kota Jakarta.

Berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Museum di Tengah Kebun ini bagaikan oase di tengah hingar bingar Kemang. Museum di Tengah Kebun memiliki desain arsitektur pintu kayu besar ala rumah-rumah Jawa.

Museum di Tengah Kebun memiliki koleksi-koleksi yang cukup unik seperti topeng, patung, ukiran, hingga fosil pohon dan kerang dari jaman purba. Interiornya pun cozy dan sangat instagrammable.

Oh ya, untuk berkunjung ke sini gratis ya tapi dengan syarat harus datang dalam rombongan 7-12 orang dengan pemesanan jauh-jauh hari. Kalau kayak gini sih, ga masalah ya pacaran sambil rame-rame biar seru!

Museum di Tengah Kebun
Lokasi:
 Jl. Kemang Timur No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
Koordinat klik di sini
Harga tiket masuk:  Gratis dengan minimal rombongan 7-12 orang dan pemesanan jauh-jauh hari. Kontak di nomor (021) 7196907/ +628999293839 (WhatsApp)
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 09.00-16.00 WIB (kecuali hari libur nasional)

Itulah rekomendasi museum yang cocok untuk pacaran dan kencan di Jakarta. Yang pasti, tetap jaga etika dan sopan santun saat berada di museum ya.

Jangan mentang-mentang lagi kasmaran dan pacaran, berasa seolah dunia milik berdua sampai tidak mengindahkan peraturan di museum. Tetap jadi wisatawan cerdas ya Sweet Couple!

Leave a Reply