Rekomendasi Wisata di Taman Mini Jakarta

Rekomendasi wisata di Taman Mini Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi ini terletak pada koordinat 6 derajat 18’6.8”LS, 106 derajat 53’47.2”BT. Di Indonesia.hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional.

Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki beberapa wisata yang dapat dinikmati bersama keluarga seperti:

5 Rekomendasi Wisata di Taman Mini Jakarta

1. Kereta Gantung

Rekomendasi Wisata di Taman Mini Jakarta
Gambar diambil dari m.mediaindonesia.com

Kereta gantung adalah salah satu wisata yang dapat dinikmati bersama keluarga apabila berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Begitu naik ke kereta gantung, pengunjung langsung disuguhi pemandangan hijau dari TMII dan dapat melihat Danau Archipelago yang memamerkan pulau-pulau di Indonesia lengkap dengan rerumputan hijau yang kontras dengan air danau di bawahnya.

Baca Juga :  Jakarta Bird Land, Liburan dan Mengenal Burung di Jakarta

Perjalanan naik kereta gantung ini kurang lebih 15 menit dari ketinggian 20 meter. Kereta gantung ini mampu memuaskan mata untuk melihat spot-spot baru di TMII. Biaya untuk naik kereta gantung ini sebesar Rp.50.000 per orang.

2. Teater IMAX Keong Mas

Rekomendasi Wisata di Taman Mini Jakarta
Gambar diambil dari travelspromo.comm

Taman Mini Indonesia Indah memiliki icon yang sampai saat ini masih menjadi tempat yang banyak dikunjugi yaitu teater keong mas. Teater keong mas ini berdiri sejak tahun 1984 dan Indonesia memiliki teater imax pertama di Asia Tenggara pada saat itu.

Bangunan teater imax TMII digagas dan dicetuskan oleh Ibu Negara saat itu, Ny Tien Soeharto. Ia terinspirasi dari cerita rakyat Keong Emas. Legenda Keong Emas memiliki pesan tentang budi baik, ketabahan, kesetiaan, keberanian, kisah cinta abadi, dan selalu bersyukur.

Teater Keong Mas terus berdiri untuk mengenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui tayangan film raksasa dengan kecanggihan teknologi sinematografi modem proyektor Imax. Biaya untuk memasuki teater keong mas ini sebesar Rp.35.000 per orang untuk reguler dan Rp.60.000 per orang untuk VIP Balkon.

3. Skyworld Indonesia

Rekomendasi Wisata di Taman Mini Jakarta
Gambar diambil dari lakupon.com

Skyworld Indonesia adalah wahana/taman rekreasi-edukasi bertemakan antariksa dan aeronautika (Space & Aeronautics). Berdiri di areal seluas 20.000 m2 berbagai atraksi dan edukasi bertemakan Antariksa dan Aeronautika bisa disaksikan. Tidak ketinggalan dengan teknologi-teknologi yang digunakan penjelajahan ruang angkasa.

Baca Juga :  Liburan Seru Bareng Keluarga di Trans Studio Cibubur

Skyworld Indonesia dibangun dan pengelolaannya dibawah PT. Rekreasindo Global Utama (sister company dari PT Kriya Indo Makmur) – sebuah perusahaan penyedia jasa layanan konstruksi-engineering umum & pengembangan – pengelolaan wahana/taman rekreasi. Biaya untuk memasuki Skyworld Indonesia ini sebesar Rp.80.000 per orang.

4. Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga

Rekomendasi Wisata di Taman Mini Jakarta
Gambar diambil dari anasherly.blogspot.com

Dunia Air Tawar adalah sarana rekreasi yang menyajikan peragaan koleksinya bertemakan ‘Indonesia dan Dunia Air Tawar’. Taman yang berisi keanekaragaman hayati air tawar dengan menyajikan simulasi dan replica ekosistem dari lahan basah asli ini dibangun sejak tahun 1992 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1994. Taman yang didominasi dengan berbagai bentuk akuarium ini juga menjadi sarana rekreasi, pendidikan, penelitian, konservasi alam, dan atraksi.

Taman ini terletak di sebelah selatan kawasan TMII, diapit oleh Museum Serangga dan Taman BUnga Keong Emas. Bangunan gedung peraga didominasi warna hijau air terdiri atas dua lantai seluas 5.500 m persegi di tepi danau buatan yang menyatu dan membentuk lingkaran air tawar.

Dunia air tawar di TMII ini merupakan taman biota air tawar terbesar dan terlengkap ke dua di dunia serta terbesar di Asia, menyimpan 6.000 ekor 126 spesies, terdiri atas berbagai jenis, ukuran, asalnya baik dari berbagai perairan di Indonesia maupun belahan dunia lain, meliputi tanaman air, reptilian, crustacean, dan ikan. Taman Akuarium ini dilengkapi museum, perpustakaan, auditorium, akuarium Nusantara, Pojok Reptilia, Lororng Gurame, dan ruang karantina yang dibangun di bagian belakang untuk pengembangbiakan koleksi dan menampung hasil dari petani yang dapat diperjualbelikan kepada pengunjung, masyarakat umum, penampung ikan, dan eksportir. Biaya untuk memasuki dunia air tawar dan dunia serangga ini sebesar Rp.35.000 per orang.

Baca Juga :  Rekomendasi Liburan Ice Skating di Bintaro

5. Taman Burung

Rekomendasi Wisata di Taman Mini Jakarta
Gambar diambil dari orami.co.id

Taman Burung terletak di bagian belakang atau timur dari kawasan TMII, berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas ‘Graha Widya Patra’. Koleksi burung yang ada di Taman Burung digadang-gadang terlengkap di Indonesia. Terdiri atas 175 jenis dengan jumlah mencapai ribuan ekor, baik yang berasal dari Indonesia bagian Barat maupun Indonesia bagian timur.

Di sana, sweet couple dapat melihat banyak koleksi burung dari banyak daerah. Seperti burung merak, beo, putih, enggang, elang da jalak Bali, yang letaknya ada di kubah barat.

Sedangkan di Kubah Timur, Anda dapat merasakan surga burung asal Sulawesi, Maliku dan Papua. Seperti burung cendrawasih, kasuari, dara mahkota, nuri dan maleo. Biaya untuk memasuki Taman Burung ini sebesar Rp.30.000 per orang.

Nah, jadi itulah wahana-wahana yang dapat dijadikan sebagai Tempat Wisata liburan di Taman Mini Jakarta yang bisa Sweet Couple lakukan. Bagi kalian yang tidak memiliki waktu lama dan tetap ingin berlibur, Taman Mini Jakarta dapat dijadikan sebagai alternatif tempat wisata bersama keluarga.

Selamat berlibur!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari tamanmini.com