7 Macam Sambal Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Sambal khas Indonesia – Kuliner Indonesia memang terkenal dengan cita rasa yang pedas dan menggugah selera. Bahkan, beberapa makanan pedas khas nusantara seperti rendang telah masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia.

Indonesia termasuk salah satu negara dengan masyarakat pencinta pedas se-Asia. Penduduk Indonesia tentunya memiliki aneka olahan sambal untuk menghasilkan berbagai makanan yang lezat dan gurih.

Berikut ini terdapat 7 macam sambal khas Indonesia yang harus wajib Sweet Couple coba! Kalau Anda penggemar makanan pedas, pastinya Anda akan menyesal kalau tidak mencicipi ragam sambal nusantara di bawah ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

1. Sambal Terasi

Setiap warung makan pastinya selalu menyajikan sambal terasi. Sambal ala rumahan ini memang paling mudah untuk dimasak. Sambal terasi memiliki aroma sedap dan cita rasa pedas yang mampu membangkitkan selera makan.

Biasanya sambal terasi disajikan sebagai pelengkap atau penikmat lauk pauk, seperti ikan, tempe, ayam, dan lain-lainnya. Sambal ini diracik dari terasi, cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, tomat, garam, dan gula pasir.

Baca Juga :  Resep Sambal Pecel Madiun yang Enaknya sampai Ubun-Ubun

2. Sambal Balado

Sweet Couple penggemar ikan tongkol balado, dendeng balado, dan telur balado? Kelezatan ini tentunya berasal dari racikan sambal balado.

Teknik memasak balado sebenarnya berasal dari budaya kuliner di Sumatera, khususnya penduduk Minangkabau. Resep sambal balado memang selalu membuat banyak orang penasaran. Kalau Sweet Couple mau mencoba langsung, silakan ikuti langkah-langkah pada artikel resep ikan tongkol balado.

3. Sambal Dabu-Dabu

Sambal khas Indonesia yang satu ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Selain masakan Padang, makanan khas Manado juga tidak kalah pedasnya. Bahkan, cita rasa pedas ala Manado lebih menyengat dan menggugah selera.

Sambal dabu-dabu terbuat dari cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, jeruk nipis, garam, dan air jeruk nipis. Cara membuat atau resep sambal ini sangat sederhana. Sweet Couple tidak perlu menumis atau menggorengnya.

Semua bahan hanya perlu diiris tipis dan dicampurkan ke dalam satu mangkuk kecil. Kemudian ditambahkan air jeruk nipis dan minyak goreng yang agak panas. Setelah itu, sambal diaduk sampai tercampur rata.

4. Sambal Matah

Sambal matah akhir-akhir ini memang semakin populer. Sambal matah merupakan masakan khas Bali. Istilah mata dalam bahasa Bali berarti mentah. Sambal khas Indonesia ini memang tidak perlu dimasak seperti sambal terasi.

Baca Juga :  Resep Sambal Mangga Unik yang Bikin Makan Lebih Asyik

Cara membuat sambal matah sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sambal dabu-dabu. Anda hanya perlu mencampurkan serai, bawang merah, terasi bakar, air jeruk nipis, daun jeruk purut, garam, dan minyak goreng ke dalam satu mangkuk.

Kemudian campuran bumbu ditambahkan sedikit minyak goreng panas. Jangan lupa aduk sambal agar tercampur rata dengan minyak yang baru disiram.

5. Sambal Ijo

Siapa yang menyukai masakan Padang? Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan sambal khas Indonesia yang satu ini. Beberapa orang menganggap bahwa sambal ijo adalah varian sambal terpedas di Indonesia.

Bahan-bahan sambal ijo terdiri dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam yang diulek agak halus. Setelah itu, semua bumbu ditumis bersamaan sampai harum dan matang. Sambal ijo biasanya disajikan bersama nasi Padang.

6. Sambal Bajak

Sudah pernah mencoba sambal bajak? Sambal ini berasal dari Jawa Timur. Sambal bajak tidak terlalu pedas jika dibandingkan dengan jenis sambal lainnya.

Sebenarnya sambal bajak agak mirip dengan sambal terasi, tetapi sambal ini mengandung rasa manis yang khas. Sambal bajak terbuat dari cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat merah, dan terasi yang diulek halus.

Baca Juga :  Resep Sambal Bajak yang Pedasnya Bikin Keringetan

Kemudian sambal ditumis dan ditambahkan garam, gula merah, dan air asam jawa. Tidak lupa juga dengan tambahan perasan jeruk purut supaya sambal lebih harum.

7. Sambal Andaliman

Siapa bilang sambal yang pedas hanya berasal dari Minangkabau dan Manado? Sweet Couple harus mencoba sambal ala Batak yang pedasnya tidak kalah dari jenis sambal lainnya.

Andaliman merupakan suatu bumbu rempah yang biasa digunakan oleh masyarakat Sumatera Utara. Bahan tersebut sering digunakan pada masakan sehari-hari masyarakat di tanah Batak.

Sambal andaliman terbuat dari cabai rawit hijau, andaliman, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, jeruk nipis, dan garam yang diulek sampai halus.

Itulah 7 jenis sambal khas Indonesia yang wajib Anda coba, terutama jika Anda sangat menyukai makanan pedas. Selamat mencoba aneka sambal khas Indonesia!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Kompas.com