5 Sayuran Tinggi Serat yang Baik untuk Dikonsumsi

Kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran karena penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kandungan vitamin dan mineralnya. Selain itu, kita juga memerlukan kandungan serat dari sayur.

Kandungan serat merupakan elemen yang penting bagi tubuh karena serat dapat meningkatkan gula darah. Serat juga rendah kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Pada dasarnya setiap sayuran memang mengandung serat, tetapi ada beberapa sayuran yang kandungan seratnya lebih banyak. Mau tahu apa saja sayuran tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

1. Brokoli

Sweet Couple sedang mengatur pola hidup sehat melalui makanan yang dikonsumsi? Brokoli merupakan pilihan sayuran yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari. Sayuran hijau ini termasuk rekomendasi menu diet yang baik untuk kesehatan tubuh.

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan serat. Setiap 100 gram brokoli mengandung 2,6 gram serat. Brokoli juga termasuk sayuran yang rendah kalori. Brokoli hanya mengandung 25 kalori.

2. Buncis

Sayuran tinggi serat yang berikutnya adalah buncis. Banyaknya kandungan serat dari buncis membuat sayuran ini dijadikan menu diet utama oleh banyak orang. Biasanya sayuran ini diolah menjadi tumis buncis.

Baca Juga :  Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Anda bisa mencoba untuk memasaknya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah pada artikel resep tumis buncis. Buncis juga bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit kronis, seperti risiko kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

3. Wortel

Wortel merupakan sayuran tinggi serat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Wortel selalu menjadi bahan utama dalam berbagai jenis sayuran, terutama sayur sup dan capcay. Setiap 100 gram wortel mengandung 2,8 gram serat.

4. Kembang Kol

Sayura tinggi serat yang selanjutnya adalah kembang kol. Setiap 128 gram kembang kol mengandung 3 gram serat. Tiap 128 gram kembang hanya mengandung 25 kalori. Jadi kembang kol termasuk sayuran yang rendah kalori.

5. Bayam

Sweet Couple tentunya sudah tak asing lagi dengan sayuran hijau yang satu ini. Selain lezat dan praktis untuk dimasak, bayam merupakan sayuran tinggi serat. Setiap 100 gram bayam mengandung 2,4 gram serat.

Itulah 5 macam sayuran tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Sehatq.com