Sejarah Idul Adha atau Lebaran Haji

Salah satu hari raya umat muslim adalah Iduladha. Sebagai negara dengan mayoritas penganut agama Islam, Idul Adha menjadi hari raya yang istimewa di Indonesia.

Pada tahun 2021, hari Idul Adha jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Suasana di hari libur ini tentunya menjadi momen dan kesempatan untuk berkumpul dan silahturahmi bersama keluarga.

Sebenarnya hari raya ini memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya, Ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Sebelum Nabi Ibrahim mengorbankan Ismail, Allah menggantikan kurban tersebut dengan hewan sembelih dan Allah telah melihat ketaatan Nabi Ibrahim. Oleh karena itu, umat muslim memperingati kurban hewan ternak setiap Iduladha. Hari Idul Adha ditetapkan pada tanggal 10 bulan Zulhijah atau 70 hari setelah Idul Fitri.

Berikut ini adalah awal mula dan sejarah Idul Adha yang sampai saat ini diperingati umat Islam setiap tahunnya.

Sejarah Idul Adha

Salah satu ujian hidup dari Allah SWT terhadap Nabi Ibrahim adalah perintah untuk mengorbankan putra kesayangannya yang bernama Ismail. Nabi Ibrahim mendapatkan mimpi yang terus berulang tentang perintah Allah untuk menyerahkan Ismail sebagai kurban.

Baca Juga :  Resep Steak Sapi Juicy dan Empuk Spesial Masakan Idul Adha

Nabi Ibrahim meyakini perintah Allah dan segera memberi tahu putranya sebagaimana tertulis dalam surah As-Saffat 37: 102,

Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.

Ismail pun bersedia supaya ayahnya melakukan perintah dan kehendak Allah SWT. Ketika persiapan sembelih, Ibrahim mendapatkan banyak godaan dari iblis yang menghalangi proses kurban.

Kemudian Ibrahim mengusir setan dengan melemparkan kerikil ke arahnya. Oleh karena itu, batu-batu yang dilemparkan dalam lontar jumrah saat ibadah haji merupakan hal untuk memperingati penolakan Ibrahim terhadap godaan iblis.

Saat melaksanakan penyembelihan, pisau yang digunakan Nabi Ibrahim sama sekali tidak melukai Ismail. Allah melihat kebaikan dan ketulisan Ibrahim. Allah juga telah melihat ketaaatan Ibrahim untuk menjalankan perintah-Nya. Oleh karena itu, Ismail digantikan dengan seekor hewan untuk disembelih.

Jadi sejarah Idul Adha berhubungan dengan peristiwa kurban yang dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim sebagai bentuk ketaatannya terhadapp Allah SWT.

Penetapan Hari Iduladha

Idul Adha dilaksanakan saat berlangsungnya ibadah haji. Pelaksanaan ibadah haji berdasarkan penetapan dan hasil rukyat hilal 1 Zulhijah.

Baca Juga :  Resep Sop Buntut Sapi Bening

Saat Idul Adha, seluruh umat Islam melaksanakan salat Ied di masjid pada pagi hari. Kemudian, proses penyembelihan hewan kurban dimulai. Hewan ternak yang biasa dijadikan kurban di Indonesia adalah kambing dan sapi.

Sepertiga daging kurban diberikan kepada keluarga yang telah berkurban, sedangkan sisanya menjadi sedekah atau dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Tradisi Membuat Masakan Idul Adha

Sejarah Idul Adha berpengaruh pada tradisi penyembelihan hewan dan sedekah hewan kurban bagi orang yang membutuhkan.

Daging kurban yang dibagikan kepada warga yang membutuhkan tentunya diolah menjadi masakan spesial hari Idul Adha. Tidak heran kalau saat Idul Adha, hampir setiap rumah membuat masakan serba kambing atau sapi.

Masakan Idul Adha yang sering disajikan oleh masyarakat Indonesia adalah sate kambing karena bumbu sate kambing memang cukup sederhana untuk dibuat. Selain itu, ada juga rendang, gulai sapi, tongseng kambing, dan masih banyak lagi varian masakan lainnya. Jangan heran kalau banyak orang yang mencari resep masakan Idul Adha pada hari yang spesial ini.

Itulah sejarah Idul Adha yang selalu diperingati oleh umat Islam setiap tahunnya. Selamat Hari Idul Adha!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Baca Juga :  Resep Gulai Kepala Kambing untuk Idul Adha

Artikel disadur dari bisnis.com