Wisata dan Belajar di Taman Buah Mekarsari Cibubur

Wisata dan belajar buah di Taman Buah Mekarsari Cibubur ini adalah salah satu opsi wisata keluarga yang dapat dilakukan selama musim liburan tiba. Wisata di Taman Buah Mekarsari ini cocok sekali menjadi wisata sembari belajar mengenal buah dan bunga bagi buah hati.

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia, sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Mekarsari bertujuan menciptakan kebun hortikultura yang terdiri dari kebun buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias yang berfungsi sebagai kebun koleksi dan sebagai sumber plasma nutfah, dan diharapkan dapat menjadi taman rekreasi hortikultura yang kelak dapat dikembangkan menjadi pusat studi hortikultura terutama untuk tanaman buah-buahan dan sayuran dataran rendah.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Taman Buah Mekarsari ini dirancang dengan pola Lamtoro Gung sebagai tema utamanya karena tanaman tersebut merupakan simbol tanaman yang serbaguna, sebagai pelestari lingkungan hidup dan pemenuhan kebutuhan hidup. Taman Buah Mekarsari ini memiliki 10 aktivitas seru untuk dilakukan selama berkunjung. Meskipun terdapat 10 aktivitas seru, namun terdapat 3 aktivitas yang wajib banget dilakukan saat berkunjung ke Taman Buah Mekarsari ini. Aktivitas tersebut ialah:

3 aktivitas seru di Taman Buah Mekarsari Cibubur

1. Kids Outbound

Wisata dan Belajar di Taman Buah Mekarsari Cibubur
Gambar diambil dari mekarsari.com

Kids Outbound adalah aktivitas yang wajib dilakukan selama berkunjung ke Taman Buah Mekarsari. Kids Outbound ini baru hadir di Taman Buah Mekarsari pada 03 Mei 2022. Wahana ini dirancang khusus untuk anak usia 5-12 tahun. Wahana ini adalah aktivitas yang cocok sekali untuk anak-anak selama berkunjung ke Taman Buah Mekarsari untuk wisata keluarga selama masa liburan.

Baca Juga :  Hotel Tentrem Yogyakarta, Hotel Mewah di Yogyakarta

Kids Outbound Mekarsari ini menyediakan permainan anak-anak seperti zig-zag bridge, donut bridge, lorong waktu, net bridge, serta burma bridge. Kids Outbound Mekarsari ini juga tentunya menyediakan permainan yang selalu ada saat outbound yaitu Flyingfox untuk anak-anak. Bagi pengunjung yang berusia 5-12 tahun akan dikenakan biaya sebesar Rp.30.000

2. Bermain di Farm Fantasy Mekarsari

Wisata dan Belajar di Taman Buah Mekarsari Cibubur
Gambar diambil dari mekarsari.com

Taman Buah Mekarsari menghadirkan wahana baru yang sudah diresmikan sejak 16 Juni 2019 yaitu Farm Fantasy. Wahana spot photo dengan konsep edutainment. Selama di Farm Fantasy ini, para pengunjung dapat bermain dan memberi makan hewan ternak, berkuda, berfoto dengan tema pertanian dan perkebunan sekaligus Meet and Greet with Princess dan Clown The Fruits, dan juga bersepeda santai.

Selain itu para pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan ternak di area D’Farm Mekarsari sambil berkuda mengelilingi wahana Farm Fantasy. Bagi keluarga yang berlibur ke Taman Buah Mekarsari, wajib banget melakukan aktivitas ini selama berkunjung.

3. Bunga Bangkai Raksasa

Wisata dan Belajar di Taman Buah Mekarsari Cibubur
Gambar diambil dari mekarsari.com

Amorphophallus Titanum atau Titan Arum sudah mekar sempurna di Taman Buah Mekarsari. Bunga yang mekar merupakan bunga ke sepuluh yang berhasil mekar sempurna di Taman Buah Mekarsari. Tunas bunga mulai tumbuh pada 17 Juli 2019 dan pantauan terakhir saat mekar sempurna pada 22 Agustus 2019 tinggi bunga maksimal mencapai 153 centimeter.

Baca Juga :  Ocean Park BSD, Wisata Libur Lebaran yang Cocok untuk Keluarga

Tercatat Titan Arum koleksi Taman Buah Mekarsari mengalami fase berbunga sebanyak 9 kali pada tanaman yang berbeda. Titan Arum berbunga pada tahun 2005, November 2009, Januari 2010, Juli 2010, Juli 2012,  Maret 2015, Juli 2015, Agustus 2018, dan Agustus 2019. Rekor bunga tertinggi pada bulan November 2009, bunga  tumbuh dan mekar dengan ukuran  mencapai 2,3 meter. Titan Arum yang saat ini mekar berlokasi di areal antara kanal dan danau Taman Buah Mekarsari. Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat berjalan kaki atau bersepeda menyusuri kanal.

Bunga yang mekar mengeluarkan bau tidak sedap seperti daging busuk atau bangkai. Maka tidak heran jika banyak serangga yang berdatangan. Serangga akan masuk ke dalam bunga karena tertarik dengan bau busuk. Setelah berada di dalam bunga, serangga akan terselimuti dengan serbuk, yang kemudian akan disebarkan di tempat lain setelah terbang ke luar. Hal tersebut dapat menjadi keuntungan tersediri bagi bunga bangkai karena keberadaan serangga dapat membantu proses penyerbukan bunga.

Taman Buah Mekarsari ini buka setiap hari dari pukul 09.00-15.00 WIB. Untuk berkunjung ke Taman Buah Mekarsari ini dikenakan biaya tiket masuk yang bervariasi. Tiket masuk reguler A dikenakan biaya sebesar Rp.35.000 per orang dan mendapatkan fasilitas tiket masuk, kereta keliling, dan pembelian 2 tiket akan mendapatkan 1 tiket wahana sepeda air. Tiket masuk reguler B dikenakan biaya sebesar Rp.40.000 per orang dan mendapatkan fasilitas tiket masuk, kereta keliling, dan 1 wahana bebas.

Baca Juga :  Google Doodle Hari Ini Bertemakan Danau Toba, Simak Sejarahnya!

Selain itu tersedia Tiket Garden Drive Thru yang akan dikenakan biaya Rp.60.000 untuk umur 2-9 tahun dan Rp.70.000 untuk umur 10 tahun ke atas dan mendapatkan fasilitas tiket masuk, keliling kendaraan pribadi, tur hutan salak, feeding hewan D’Farm, petik buah, wahana perahu naga, dan wahana sepeda air. Harga untuk tiket masuk kendaraan motor dikenakan biaya Rp.10.000 dan mobil dikenakan biaya Rp.20.000.

Gimana sweet couple ada yang berniat liburan ke Taman Buah Mekarsari? Liburan seru bersama keluarga sembari belajar mengenal hewan, buah, dan tumbuhan. Meskipun hidup di kota, kita tetap dapat berlibur di taman yang memiliki banyak aktivitas lho.

Selamat bermain Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

artikel disadur dari beberapa artikel