Review Ayam Afrika ala Anak Kuliner

Siapa yang suka makan ayam? Pastinya banyak ya. Apalagi ayam goreng. Rasanya makanan ini sudah semacam makanan wajib bagi setiap orang. Buat para pecinta ayam, apakah sudah tahu Ayam Afrika? Jika belum, maka alangkah baiknya menyimak artikel yang satu ini.

Salah satu Food Vlogger, Anak Kuliner, melakukan kunjungan ke Rumah Makan Ayam Afrika yang berada di bilangan Kebon Sirih Jakarta Pusat. Warungnya sederhana saja, tetapi ternyata cukup terkenal loh. Ia membuat video review tempat ini dalam akun YouTube miliknya.

Apa sih yang membuat unik Ayam Afrika ini hingga berbeda dengan ayam lainnya? Pastinya Sweet Couple penasaran banget kan? Jadi, daripada berlama-lama, yuk simak review Ayam Afrika ala Anak Kuliner berikut ini!

Konsep

Konsep dari Warung Ayam Afrika ini sederhana saja. Bukan seperti restoran mewah. Sweet Couple bisa makan di tempat dan bisa juga take away makanannya. Di sini, tempatnya tidak terlalu luas dan berada di pinggir jalan, tetapi bukan kaki lima ya karena memiliki bangunan permanen.

Awalnya, warung ini berkonsep 24 jam. Namun, semenjak pandemi Corona jamnya dibatasi menjadi sampai pukul 21.00 WIB untuk dine in.

Di sini, makanan juga baru akan dimasak jika ada yang memesan. Jadi sudah pasti terjamin kesegerannya ya.

Situasi

Situasi di Warung Ayam Afrika ketika Anak Kuliner bertandang cukup ramai, tetapi ramai oleh pegawainya dan pengunjung yang take away. Warungnya yang tidak seberapa besar dan pandemi membuat pengunjung yang dine in tidak terlalu banyak. Walau demikian, bukan berarti tidak ada aktivitas sama sekali ya.

Suasana di warung ini aman, bersih, dan pegawainya pun ramah serta informatif kala berinteraksi dengan Anak Kuliner.

Lokasi

Warung Ayam Afrika ini berlokasi di Jl. Kb. Sirih Tim. Dalam No.02, RT.6/RW.5, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340. Anda masih bingung dengan lokasinya? Silakan cek koordinat di sini.

Jam Operasional

Jam Operasional dari Warung Ayam Afrika ini sebenarnya 24 jam. Namun, semenjak pandemi Corona dibatasi hanya dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Khusus untuk Sweet Couple yang mau take away, tak usah risau. Anda bisa memesannya hingga dini hari tiba.

Harga

Berikut ini adalah harga dari makanan di Warung Ayam Afrika:

  • Nasi Ayam Rp20.000,00
  • Nasi Kambing Rp50.000,00

Bagaimana? Tergolong terjangkau kan untuk menikmati makanan di sini?

Makanan

Lalu, Anak Kuliner review makanan apa saja ya di Warung Ayam Afrika ini? Ini dia nih Sweet Couple!

2 potong ayam afrika dada dan paha

Ayam di Warung ini menggunakan bumbu kuning, tetapi tidak terlalu pekat. Menurut Anak Kuliner, ayamnya gurih dan bumbunya kuat serta wangi rempah. Hal ini membuat timbul sensasi nagih untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Sambal Merah dan Saus Kemiri Pakai Garlic

Inilah yang membuat Ayam Afrika unik. Sambal Merah dan Saus Kemiri dengan Garlic. Menurut pegawai di sini, penggunaan sambal ini karena orang-orang di Afrika banyak yang menggunakannya. Oleh karena itu, disebut juga sebagai sambal Afrika.

Cara penyajiannya dicampur, begitu pula untuk menyantapnya harus dicampur dulu. Saat disantap dengan ayam dan nasi, Anak Kuliner merasa bahwa sambal ini pedas dan memiliki aroma bawang putih yang kuat. Tak hanya itu, rasanya juga gurih. Kesimpulannya, sausnya enak dan recommended.

Bawang Bombay Goreng

Keunikan dari Warung Ayam Afrika ini adalah penggunaan bawang bombay goreng. Teksturnya crunchy dan begitu beraroma. Citarasanya pun manis. Paling nikmat disantap dengan Sambal Afrika yang dijamin bakal menambah selera makan Anda.

Ampela

Ampelanya sama seperti ampela kebanyakan. Namun, setelah dicocol ke Sambal Merah dan Saus Kemiri tersebut membuat citarasanya begitu keluar dan nikmat.

Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe di Warung Afrika ini sama dengan yang ada di tempat lain. Lagi-lagi, yang membuatnya nikmat karena Anak Kuliner mencocolnya ke sambal Afrika yang berbumbu tersebut. Memang benar ya, bintang utama di sini adalah Ayam dan Sambalnya.

Pisang Goreng

Berdasarkan review Anak Kuliner dalam YouTube-nya, pisang gorengnya tidak digoreng berbalut tepung. Pisangnya dipotong dan digoreng begitu saja di dalam minyak goreng panas. Pisang yang digunakan adalah pisang tanduk.

Anak Kuliner menyantap pisang goreng ini dengan sambal afrika. Menurutnya, rasanya unik. Pisangnya sendiri sudah ada rasa asam dan manis. Untuk sambalnya, cenderung gurih pedas. Oleh karena itu, ia menyebutnya Nano-nano banget rasanya. Ia merasa hidangan pisang ini bisa dinikmati.

Kesimpulan dari Anak Kuliner terkait Warung Ayam Afrika ini recommended banget. Rasanya unik dan berbeda dengan ayam goreng pada umumnya. Ditambah lagi dengan citarasa sambalnya yang menggugah selera. Ia mengajak siapapun untuk mencoba bertandang ke warung ini dan mencicipi hidangannya.

Wah, kalau Anak Kuliner yang vlogger kuliner sudah bersabda seperti itu sih artinya tempat ini oke banget ya Sweet Couple! Jadi, lebih baik segera agendakan kunjungan ke tempat ini.

Siap mencicipi sensasi ayam goreng ala afrika?

Review berdasarkan video YouTube Anak Kuliner