5 Aktivitas di Borobudur Selain Mengunjungi Candi

Siapa bilang ke Borobudur harus selalu mengunjungi candi yang menjadi salah satu situs warisan dunia? Ada banyak aktivitas di Borobodur selain mengunjungi candi.

Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia. Tak hanya terkenal di tanah air, tetapi juga hingga mancanegara.

Bagaimana tidak? Di sini terdapat candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada tahun 780-840 Masehi. Seluruh dunia mengakuinya dan sudah lama menjadi magnet bagi siapapun.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Tak hanya itu, Borobudur juga menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas yang terus menerus dikembangkan

Baru-baru ini, Candi Borobudur kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Hal ini karena adanya rencana untuk mengubah harga tiket menjadi Rp750.000,00 kepada wisatawan lokal.

Walau demikian, pemerintah dan pengelola menyatakan bahwa harga Rp750.000,00 tersebut berlaku untuk pengunjung yang ingin menaiki candi hingga ke puncak. Bila hanya memasuki kawasan pelataran dan sekelilingnya, Anda cukup membayar Rp5.000,00.

Kenaikan tarif ini didasari oleh rekomendasi UNESCO yang menyatakan bahwa Candi Borobudur sudah mengalami kerusakan dan penurunan akibat tingginya kunjungan wisatawan. Selain itu, hal ini guna menjaga kelestarian candi itu sendiri.

Apapun itu, sudah seharusnya salah satu warisan budaya ini dijaga dan dilestarikan agar anak cucu kita tetap bisa menyaksikan keindahannya di masa depan.

Buat Sweet Couple yang ingin ke Candi Borobudur, ternyata ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan selain menaiki candi. Pastinya seru-seru dan bakalan jadi pengalaman baru saat berada di sini.

Kira-kira apa saja ya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Aktivitas di Borobudur 1: Mengunjungi Museum Kapal Samudraraksa dan Karmawibangga

Gambar diambil dari instagram.com/seafrisamson

Aktivitas di Borobudur selain melihat candi yang pertama yakni mengunjungi Museum Kapal Samudraraksa dan Karmawibangga. Walau demikian, untuk ke sini Anda pasti akan melihat Candi Borobudur karena lokasinya berada dalam area candi.

Kedua museum ini sudah menjadi semacam destinasi wajib bagi para pengunjung Candi Borobudur. Di Museum Kapal Samudraraksa, Anda akan disuguhkan aneka macam kapal maupun diorama kapal yang pernah berjaya di kawasan perairan nusantara.

Di Museum Karmawibangga, Anda akan disuguhkan oleh patung-patung, batu, prasasti, maupun arca yang bernilai sejarah tinggi peninggalan masa lampau. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari sejarah Candi Borobudur dan sekitarnya di museum ini.

Pastinya usai dari kedua museum ini, Sweet Couple bukan hanya sekadar pintar sejarah, tetapi juga jadi lebih menghargai sejarah.

Aktivitas di Borobudur 2: Mendaki Bukit Punthuk Setumbu

Gambar diambil dari instagram.com/susidarto

Ingin menyaksikan Candi Borobudur dari ketinggian? Jika ya, maka aktivitas ini wajib Anda lakukan yakni mendaki Bukit Punthuk Setumbu.

Destinasi ini sudah lama dikenal sebagai salah satu spot untuk menyaksikan sunrise sekaligus Candi Borobudur dari ketinggian. Pemandangan dari sini sangatlah indah dengan perbukitan hijau di sekelilingnya, bahkan Anda bisa memandang gunung-gunung legendaris di kawasan Jawa Tengah.

Perpaduan semburat jingga cahaya fajar nan menyingsing, kabut-kabut yang menyelimuti perbukitan dan dataran, ditambah dengan puncak stupa Candi Borobudur yang menyeruak membuat suasana terasa begitu magis. Luar biasa sekali!

Baca Juga :  Teras Malioboro, Wisata Belanja Jogja Terbaru

Aktivitas di Borobudur 3: Mengelilingi Kawasan Borobudur dengan Mobil VW

Gambar diambil dari instagram.com/vw.wisataborobudur

Mau keliling kawasan Borobudur tapi lelah jika harus bersepeda atau berjalan kaki? Kami rekomendasikan Sweet Couple untuk berkeliling dengan Mobil VW.

Pasti tahu kan mobil VW? Mobil-mobilnya tak hanya cantik, tetapi juga antik. Mobil-mobil ini disewakan oleh pengelola yang bernama VW Borobudur Tour. Rental VW ini sudah sangat terkenal dan sering disewa oleh wisatawan termasuk para artis.

Anda bukan hanya diajak berkendara dengan mobil VW, tetapi juga bisa memilih aneka paket tour VW Borobudur yang tersedia. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan aneka pemandangan khas pedesaan seperti sawah, ladang, dan rumah-rumah penduduk.

Pastinya VW Borobudur Tour ini bakal jadi pengalaman baru nan unik sekaligus mengesankan untuk para wisatawan. Yuk coba!

Aktivitas di Borobudur 4: Merasakan Kehidupan Pedesaan di Desa Wisata

Gambar diambil dari instagram.com/veronika.desi

Ingin merasakan kehidupan pedesaan? Aktivitas di Borobudur ini juga bisa Anda lakukan yakni tinggal di desa wisata yang ada di sekeliling candi.

Sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas tanah air, Candi Borobudur tak hanya menyediakan candi sebagai destinasi utamanya. Terdapat banyak desa wisata di sekelilingnya yang juga layak dikunjungi.

Desa-desa wisata tersebut mayoritas sudah dikelola dengan sangat baik. Masyarakatnya sudah dibekali dengan ilmu hospitality dan sadar wisata. Fasilitas di desa ini pun lengkap karena terdapat homestay berkualitas yang bisa diinapi wisatawan.

Pastinya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di desa wisata kawasan Borobudur. Anda bisa ikut kelas membatik, membuat kerajinan tangan, belajar memahat batuan, bercocok tanam di sawah, mengolah makanan tradisional, ataupun sekadar berkeliling menikmati keindahan alam sekitar desa.

Baca Juga :  11 Tempat Wisata di dekat Gunung Merapi Jogja

Sekali mencoba singgah di desa wisata, kami jamin Anda ingin berlama-lama di sini dan tak ingin kembali ke rumah saking betahnya. Silakan coba sendiri dan buktikan!

Aktivitas di Borobudur 5: Rafting di Kali Elo dan Progo

Gambar diambil dari instagram.com/rafting_elo_progo_magelang

Mau aktivitas yang agak ekstrim dan memacu adrenalin? Kami rekomendasikan Sweet Couple untuk rafting di Kali Elo dan Progo yang tak jauh dari Borobudur.

Jika bosan dengan aktivitas berkeliling desa atau berfoto-foto di candi, maka rafting bisa jadi pilihan yang tepat nih. Dijamin gak bakal membosankan apalagi beramai-ramai.

Menelusuri Kali Elo dan Kali Progo yang asri, ditambah lagi dengan jeram yang menantang membuat aktivitas ini terasa begitu mendebarkan. Walau melelahkan, tetapi rasanya puas sekali. Tak usah khawatir dengan keamanannya karena dijamin aman.

Siap mengarungi jeram Kali Elo dan Progo?

Itulah rekomendasi 5 aktivitas di Borobudur yang bisa dilakukan oleh wisatawan selain melihat candi. Rupanya banyak ya aktivitasnya. Jadi tak akan bosan deh berlama-lama di kawasan ini.

Buat yang mau berkunjung ke Borobudur, tak usah risau karena Sweet Couple masih bisa melakukan banyak hal lain yang menarik kala berkunjung ke sini.

Jika dirasa masih kurang, maka Sweet Couple bisa berkunjung juga ke Jogja dan mengunjungi destinasi wisata Jogja. Tak jauh kok dari Borobudur ke Jogja. Pastinya jadi makin lengkap dan seru!

Selamat berkunjung!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini