Resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran

Sate Ayam Madura memang terkenal banget! Bagaimana tidak? Dagingnya empuk, bumbu kacangnya gurih, dan rasanya pun lezat. Tak heran jika, Sate Ayam Madura ini menjadi salah satu hidangan yang ditunggu-tunggu untuk Lebaran. Buat Sweet Couple yang pengen makan Sate Ayam Madura di kampung tapi ga bisa mudik saat lebaran gak usah khawatir! Gimana kalau kita bikin resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran nanti? Cara bikin Sate Ayam Madura untuk lebaran ini praktis loh dan bisa dibuat di rumah saja! Tertarik Yuk simak resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran di rumah nanti!

Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura menjadi salah satu resep yang banyak dicari saat Lebaran. Gurihnya bumbu kacang, manisnya kecap, berpadu dengan lembutnya daging ayam membuat Sate Ayam Madura sebagai salah satu resep lebaran terfavorit. Tak heran jika keberadaan Sate Ayam Madura ini begitu mudah kita jumpai di mana-mana karena penggemar Sate Ayam Madura ini memang banyak banget di Indonesia.

Lebaran gini, rasanya gak lengkap kalau tanpa Sate Ayam Madura. Biar lebaran makin seru gimana kalau bikin Sate Ayam Madura? Sate Ayam Madura ini rasanya juga gak kalah enak dengan yang biasa dijual di pedagang kaki lima atau warung-warung loh. Selain itu, resep Sate Ayam Madura buatan sendiri lebih sehat dan murah pastinya. Tertarik untuk bikin resep Sate Ayam Madura? Yuk simak resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran ini!

Baca Juga :  Resep Rendang Ayam Praktis untuk Lebaran

Bahan Resep Sate Ayam Madura

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran:

  • Daging ayam fillet, potong dadu 400 gram
  • Jeruk nipis ½ buah
  • Bawang putih yang sudah dihaluskan 3 siung
  • Merica bubuk ½ sdt
  • Kacang tanah yang sudah digoreng dan ditumbuk halus 150 gram
  • Daun jeruk yang sudah disobek-sobek 3 lembar
  • Kecap manis 3 sdm
  • Gula merah yang diserut halus 1 sdm
  • Garam 1sdt
  • Gula pasir 1 sdt
  • Air 500 ml
  • Minyak 2 sdm
  • Cabai merah keriting 4 buah
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri yang sudah disangrai 3 butir
  • Margarin 2 sdm
  • Cabai rawit
  • Lontong

Alat Resep Sate Ayam Madura

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran di rumah nanti.

  • Mangkuk/Piring
  • Sendok
  • Pisau
  • Wajan/Pan Datar Anti lengket
  • Tusukan Sate 15 biji

Cara membuat Resep Sate Ayam Madura

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran. Inilah cara untuk membuat resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran di rumah saja:

  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan untuk perendam ayam yang akan digunakan untuk resep Sate Ayam Madura yakni jeruk nipis, bawang putih, dan merica bubuk. Peras jeruk nipis dan ambil airnya, haluskan bawang putih, dan masukkan merica bubuk agar menjadi bahan perendam ayam.
  2. Kedua, lumuri bahan perendam ayam tersebut ke potongan daging ayam yang telah dipotong dadu untuk resep Sate Ayam Madura. Setelah itu, masukkan dan simpan ke dalam kulkas terlebih dahulu.
  3. Ketiga, siapkan bahan-bahan untuk bumbu halus resep Sate Ayam Madura yakni cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang sudah disangrai. Haluskan semuanya menjadi bumbu halus resep Sate Ayam Madura dengan cara diulek/diblender.
  4. Jangan lupa siapkan bahan-bahan untuk bumbu kacang resep Sate Ayam Madura yakni  kacang tanah goreng yang sudah digoreng dan ditumbuk halus, daun jeruk yang sudah disobek-sobek, kecap manis, gula merah serut, garam, dan gula pasir. Masukkan semuanya dan tumis bersama dengan bumbu halus resep Sate Ayam Madura.
  5. Setelah itu, tuangkan air dan masak bumbu kacang resep Sate Ayam Madura hingga mengental dan mengeluarkan minyak. Angkat dan sisihkan.
  6. Kemudian, keluarkan ayam yang akan dibuat untuk resep Sate Ayam Madura dari dalam kulkas dan susun/tusuk ke tusukan sate.
  7. Berikutnya, siapkan alat untuk membakar Sate Ayam Madura seperti pemanggang/pan/wajan datar anti lengket.
  8. Selanjutnya, campurkan bumbu kacang, kecap manis, dan margarin sebagai bahan olesan untuk resep Sate Ayam Madura.
  9. Lalu, oleskan bahan dan bumbu olesan tersebut ke potongan Sate Ayam Madura secara merata.
  10. Bakar sate ayam madura sambil dibolak-balik. Jangan lupa juga untuk olesi Sate Ayam Madura dengan bumbu agar semakin meresap. Ayam harus sering dibolak-balik agar kematangan sate ayam madura lebih merata.
  11. Akhirnya selesai sudah resep Sate Ayam Madura dan siap disajikan bersama siraman bumbu kacang untuk Lebaran nanti! Jangan lupa siapkan bahan pelengkap untuk resep Sate Ayam Madura seperti irisan bawang merah, cabai rawit, kecap manis, dan lontong ya biar makin lezat!
Baca Juga :  Resep Sate Kambing Tegal untuk Lebaran

Wah ternyata gak susah ya bikin resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran? Pastinya lebih murah daripada beli Sate Ayam Madura di warung. Selain itu, Sate Ayam Madura bikinan sendiri juga gak kalah lezat dan lebih sehat dengan Sate Ayam Madura yang biasanya. Pokoknya dijamin pas banget buat Lebaran nanti. Jadi tetap berasa mudik dan lebaran kan dengan bikin resep Sate Ayam Madura gini? Gak sabar buat nyoba resep Sate Ayam Madura dan makan Sate Ayam Madura pas Lebaran nanti ya Sweet Couple!

Tertarik untuk mencoba bikin resep Sate Ayam Madura yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Sate Ayam Madura untuk lebaran nanti. Selamat mencoba resep Sate Ayam Madura untuk Lebaran di rumah ya Sweet Couple!

Baca Juga :  Resep Ketupat Sayur Betawi untuk Lebaran

Resep disadur dari Resepkoki.id

Leave a Reply