Tips Menjaga Kolesterol Naik Saat Hari Raya Idul Adha

Tips menjaga kolesterol saat merayakan hari raya besar idul adha ini harus dilakukan oleh banyak orang agar kolesterol tidak meningkat. Idul adha memang identik dengan yang namanya melakukan qurban. Qurban yang dimaksud ini, ialah menyembelih kedua hewan qurban yaitu kambing dan sapi.

Daging dari hewan qurban ini biasanya dibagikan kepada orang yang berqurban dan juga dibagikan kepada orang-orang yang kurang mampu. Daging qurban ini memang bisa dibuat menjadi berbagai olahan makanan dari yang kering hingga berkuah.

Mengkonsumsi daging memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti menjadi sumber energi. Akan tetapi, apabila makan daging ini terlalu berlebihan pastinya akan berbahaya. Maka dari itu ada beberapa Tips menjaga kolesterol.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Tips Menjaga Kolesterol

Tips menjaga kolesterol ini pastinya membutuhkan niat yang kuat agar tidak mudah tergoda dengan makan-makanan yang sudah dibuat. Berikut adalah tips menjaga kolesterol:

1. Cari Pengganti Santan

Tips Menjaga Kolesterol Naik Saat Hari Raya Idul Adha
Gambar diambil dari cnnindonesia.com

Hampir semua makanan saat hari raya idul adha itu menggunakan bahan utama santan agar makanan terasa lebih nikmat. Akan tetapi, makan-makanan yang menggunakan santan itu tidak baik untuk dikonsumsi bagi orang yang mengidap kolesterol.

Bagi orang yang mengidap kolesterol, lebih baik menjaganya dengan mencari makanan yang tidak menggunakan santan. Masih banyak makanan yang diolah tidak menggunakan santan. Makanan tersebut sangat boleh dikonsumsi bagi banyak orang terutama orang yang mengidap kolesterol.

Baca Juga :  5 Menu Berkuah untuk Idul Adha yang Mudah dan Segar

2. Mengurangi Jumlah Telur

Tips Menjaga Kolesterol Naik Saat Hari Raya Idul Adha
Gambar diambil dari masakapahariini.com

Telur memang selalu menjadi salah satu bahan yang digunakan sebagai bahan utama dalam membuat berbagai jenis makanan. Selain digunakan untuk menjadi bahan utama, telur ini juga selalu dijadikan sebagai lauk pelengkap makanan.

Dalam hal ini, bukan berarti sweet couple tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur. Boleh saja, asalkan tidak terlalu berlebihan. Karena telur sendiri merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi dan memiliki cita rasa yang lezat.

3. Perbanyak Buah dan Sayur

Tips Menjaga Kolesterol Naik Saat Hari Raya Idul Adha
Fresh vegetables and nuts on a brown wooden background

Saat merayakan hari raya idul adha, makanan daging ini tentunya sudah menjadi salah satu hal yang wajib yang pastinya akan dibuat di rumah. Selain dibuat di rumah, makanan dari daging qurban ini biasanya disediakan oleh banyak orang di berbagai tempat.

Namun, saat merayakan idul adha, makanan daging ini biasanya diolah menggunakan santan sehingga membuat kita merasa bosan. Oleh karena itu, salah satu alternatifnya adalah mengkonsumsi buah dan sayur agar membuat badan kita lebih fresh dan juga mengurangi kadar kolesterol.

4. Rutin Berolahraga

Tips Menjaga Kolesterol Naik Saat Hari Raya Idul Adha
Gambar diambil dari kesehatan.kontan.co.id

Selama masa-masa hari raya idul adha, makan daging sudah menjadi rutinitas yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Mengkonsumsi daging memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan juga menjadi salah satu sumber energi. Namun, apabila mengkonsumsi secara berlebihan hasilnya akan buruk bagi kesehatan.

Baca Juga :  Resep Kambing Bakar Cairo yang Paling Praktis

Daging kambing atau sapi ini memiliki lemah jenuh yang tidak baik apabila dikonsumsi terlalu banyak. Karena daginng ini sendiri tidak memiliki serat yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi tubuh. Untuk mengurangi makan daging yang berlebihan, alangkah baiknya kita rutin berolahraga.

Berikut adalah 4 tips menjaga kolesterol selama merayakan idul adha. Sweet couple rasanya wajib melakukan hal-hal tersebut agar mengurangi hal-hal buruk yang terjadi selama mengkonsumsi daging!

Selamat Idul Adha!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari beberapa artikel