Tips Jalan-Jalan di Jogja Saat Musim Hujan

Jogja memang indah dan bisa dikunjungi kapanpun, termasuk saat musim hujan. Namun, jalan-jalan ataupun honeymoon di Jogja saat musim hujan memerlukan kiat-kiat tersendiri. Jangan sampai acara jalan-jalan atau honeymoon Sweet Couple di Jogja menjadi berantakan karena cuaca hujan yang tidak bersahabat. Oleh karena itu, simak tips jalan-jalan dan honeymoon di Jogja saat musim hujan agar liburan Sweet Couple tetap lancar selama di Jogja.

Bawa Pakaian Hangat

Saat musim hujan dan ingin jalan-jalan di Jogja, tentunya Sweet Couple harus membawa pakaian hangat seperti model jaket, sweater, vest, cardigan, crewneck, turtleneck, atau sweatshirt. Tak harus yang tebal, tetapi setidaknya mampu melindungi Sweet Couple dari udara dingin saat musim hujan di Jogja. Pakaian tebal juga bisa bikin penampilan kalian makin modis dan cocok untuk OOTD.

Siapkan Jas Hujan dan Payung

Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Saat musim hujan dan Sweet Couple ingin jalan-jalan di Jogja, tentunya harus siapkan payung dan jas hujan. Hal itu agar Sweet Couple tidak kebasahan saat hujan. Gak mau dong lagi asik jalan-jalan atau mau keliling kota eh malah batal karena hujan dan ga bawa payung. Dengan membawa payung, setidaknya Sweet Couple masih bisa menembus hujan yang mengguyur tanpa takut kebasahan.

Selalu cek prakiraan cuaca sebelum bepergian

Jika Sweet Couple berniat untuk jalan-jalan di Jogja saat musim hujan, maka alangkah baiknya untuk selalu cek prakiraan cuaca wilayah Yogyakarta dan sekitarnya sebelum bepergian. Mungkin memang tidak selalu 100 persen tepat, tetapi prakiraan cuaca memberikan gambaran kemungkinan besar cuaca yang akan terjadi dan dirasakan di tempat tersebut. Dengan mengecek prakiraan cuaca, tentunya Sweet Couple akan lebih prepare dan siap sedia dengan cuaca yang akan terjadi di Jogja.

Coba hubungi teman/keluarga/penduduk lokal terkait cuaca

Buat Sweet Couple yang punya teman/keluarga/kenalan penduduk lokal di Jogja, tak ada salahnya untuk coba hubungi mereka dan tanyakan soal cuaca akhir-akhir ini di Jogja. Mereka yang tinggal di Jogja pasti tahu dan paham karakteristik cuaca yang tengah terjadi di Jogja. Mereka akan memberikan rekomendasi cuaca dan hal apa saja yang harus dilakukan serta disiapkan jika Sweet Couple ingin jalan-jalan di Jogja saat musim hujan. Informasi yang berguna dari mereka tentunya akan membantu kelancaran Sweet Couple kala jalan-jalan di Jogja.

Baca Juga :  Tips Kulit Tetap Glowing dan Sehat Saat Liburan

Sewa mobil atau gunakan taksi online agar tidak kehujanan

Tips berikutnya jika Sweet Couple ingin jalan-jalan di Jogja saat musim hujan adalah sewa mobil atau gunakan taksi online. Ya mungkin akan cukup mahal daripada menyewa motor, tetapi tentu dengan sewa mobil atau menggunakan taksi online akan lebih aman dan nyaman saat musim hujan. Sweet Couple tak perlu khawatir kehujanan karena terlindung di dalam mobil. Setidaknya acara jalan-jalan Sweet Couple tetap bisa berjalan selama di Jogja walau musim hujan.

Bawa baju ganti saat bepergian

Tips lainnya yang juga penting untuk Sweet Couple yang ingin jalan-jalan ke Jogja saat musim hujan adalah selalu bawa baju gantu saat bepergian ke luar. Ya hujan memang pasti akan terjadi saat musim hujan sehingga kita harus selalu siap sedia. Jika Sweet Couple sudah terlanjur basah kena hujan, maka Sweet Couple bisa langsung berganti pakaian agar tidak masuk angin.

Gunakan alas kaki yang nyaman

Saat musim hujan seperti ini, ada baiknya jika Sweet Couple menggunakan alas kaki yang nyaman untuk acara jalan-jalan di Jogja. Sebaiknya gunakan sepatu sandal atau sendal jepit agar lebih nyaman saat melewati tanah yang becek atau genangan air. Jangan pakai sepatu sneakers biasa apalagi sepatu cantik seperti wedges dan high heels karena selain tidak nyaman juga sayang banget kalau koleksi sepatu keren dan cantik Sweet Couple harus kotor atau rusak karena hujan.

Berolahraga sebelum bepergian

Sebelum pergi jalan-jalan ke Jogja, tak ada salahnya jika Sweet Couple berolahraga. Apalagi di musim hujan seperti ini, kita butuh tubuh yang kuat, sehat, dan bugar serta fit. Tak usah olahraga berat, cukup melakukan jogging atau jalan santai di pagi atau sore hari secara teratur sebelum jalan-jalan ke Jogja. Dijamin tubuh Sweet Couple akan terasa lebih fit untuk acara jalan-jalan di Jogja.

Konsumsi vitamin dan buah-buahan serta sayuran

Selain berolahraga, Sweet Couple juga harus rutin mengonsumsi vitamin dan buah-buahan serta sayuran untuk persiapan jalan-jalan ke Jogja saat musim hujan. Butuh tubuh yang bugar dan daya tahan yang kuat saat jalan-jalan kala musim hujan di Jogja. Apalagi dengan banyaknya penyakit serta virus seperti sekarang, Sweet Couple harus rutin dan rajin mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap sehat dan terjaga.

Baca Juga :  9 Rekomendasi Tempat yang Cocok untuk Kencan dan Pacaran

Bawa obat-obatan bila perlu

Musim hujan memang rawan penyakit, apalagi jika melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga dan berada di outdoor seperti jalan-jalan. Oleh karena itu jika Sweet Couple ingin jalan-jalan di Jogja di saat musim hujan seperti ini, maka jangan lupa untuk selalu bawa obat-obatan. Obatan-obatan tersebut bisa obat untuk yang sakit ringan seperti flu, batuk, pilek, sakit kepala, maag, atau diare. Selain itu obat juga penting untuk kondisi darurat seperti jikalau terjadi insiden selama jalan-jalan di Jogja.

Kunjungi tempat wisata indoor

Jika Sweet Couple ingin jalan-jalan ke Jogja di saat musim hujan, maka tidak disarankan untuk berkunjung ke tempat wisata outdoor terutama wisata alam. Bukannya tidak bisa atau tidak boleh, tetapi wisata outdoor tentu sangat rawan dengan cuaca hujan dan akan membuat Sweet Couple tidak nyaman. Alangkah baiknya jika kunjungi tempat wisata indoor di Jogja saat musim hujan seperti di kraton, museum, restoran, atau galeri seni. Setidaknya dengan berkunjung ke tempat wisata indoor di Jogja, Sweet Couple tidak perlu repot berbasah-basah dengan hujan dan lebih aman.

Hindari kawasan rawan bencana seperti sungai, bukit, dan gunung

Tips lain yang juga perlu diperhatikan oleh Sweet Couple yang ingin jalan-jalan di Jogja saat musim hujan adalah hindari kawasan rawan bencana seperti sungai, bukit, dan gunung. Di musim hujan seperti ini dengan cuaca yang ekstrem, tempat-tempat tersebut rawan bencana banjir dan longsor sehingga cukup berbahaya untuk dikunjungi. Jangan sampai acara jalan-jalan di Jogja Sweet Couple berujung petaka karena tidak mengindahkan peringatan akan rawan bencana seperti yang terjadi beberapa waktu lalu saat kegiatan susur sungai oleh pramuka salah satu sekolah di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melakukan wisata kuliner yang bisa menghangatkan badan di Jogja

Tips lain yang juga berguna dan menyenangkan buat Sweet Couple yang ingin jalan-jalan di Jogja saat musim hujan adalah melakukan wisata kuliner yang bisa menghangatkanbadan. Nah, kalau tips yang ini pasti akan Sweet Couple lakukan dengan senang hati saat jalan-jalan di Jogja kala musim hujan. Apalagi Jogja memiliki banyak tempat kuliner dengan hidangat yang hangat dan cocok dinikmati saat musim hujan seperti wedang ronde, angsle, kopi joss, wedang jahe, wedang secang, dan bakmi jawa. Semuanya dijamin menyenangkan dan akan membuat jalan-jalan di Jogja saat musim hujan terasa lebih hangat.

Baca Juga :  Serba-Serbi Honeymoon alias Bulan Madu yang Perlu Kamu Ketahui

Lindungi barang bawaan dari basah

Jalan-jalan di Jogja saat musim hujan pasti akan ada peluang untuk turun hujan dan kebasahan ya sehingga tips yang juga penting untuk diperhatikan adalah selalu lindungi barang bawaan dari air, hujan, dan basah. Lapisi barang dengan plastik atau kantong anti air guna melindungi barang tersebut dari basah. Jagalah barang-barang elektronik Anda agar tidak basah, terutama kamera. Jangan sampai momen jalan-jalan Sweet Couple di Jogja jadi rusak karena barang bawaan banyak yang basah kena hujan.

Siapkan plan B tempat wisata cadangan jika cuaca hujan deras

Tips berikutnya yang juga penting bagi Sweet Couple yang ingin jalan-jalan di Jogja saat musim hujan adalah selalu siapkan plan b atau tempat wisata cadangan terutama jika cuaca hujan deras dan sulit untuk ke mana-mana. Misalnya Sweet Couple ingin ke pantai Gunung Kidul, tetapi hujan sangat deras sehingga tidak memungkinkan untuk ke sana, maka Sweet Couple sudah membuat plan b dengan pergi ke kawasan dalam kota Jogja yang lebih mudah dan memungkinkan. Intinya jangan sampai tidak prepare dengan hal tersebut.

Tidak memaksakan diri untuk bepergian jika kondisi tidak memungkinkan

Tips terakhir buat Sweet Couple yang ingin jalan-jalan di Jogja saat musim hujan adalah tidak perlu memaksakan diri untuk bepergian jika kondisi tidak memungkinkan. Jika Sweet Couple bersikeras untuk bepergian sedangkan cuaca sedang hujan ekstrem, nantinya justru akan membuat Sweet Couple tidak nyaman dan tidak puas karena tempat wisata tidak sesuai ekspektasi dan tidak bisa berlama-lama di sana. Toh masih ada waktu dan kesempatan lain untuk bepergian selain di musim hujan.

Itulah tips dari kami untuk Sweet Couple yang ingin jalan-jalan di Jogja saat musim hujan. Pastinya tetap berhati-hati, jaga kondisi, dan cek prakiraan cuaca agar Sweet Couple bisa lebih siap untuk jalan-jalan di Jogja selama musim hujan berlangsung. Jogja tetap istimewa kok saat musim hujan seperti ini!

Leave a Reply